Radar Sulbar - [PDF Document] (2024)

Radar Sulbar - [PDF Document] (1)

redaksi: 0426-22138 - email: [emailprotected] w w.radar-sulbar.com

OLEH:

Muh. RidwanAlimuddin

Pertama & Terbesar di Sulawesi BaratRRRRRadadadadadar Sar Sar Sar Sar Sulbulbulbulbulbararararar

RABU, 1 FEBRUARI 2012

RADAR/RIDWAN ALIMUDDIN

Unik

INT

PENGAMBILAN DATA. Data yang ditampilkan GPS di Situs Minanga Sipakko Baca HAL 7

EMBER PUN JADI

TIDAK Menggunakan helm, seorang ibuterpaksa menutupi kepalanya dengan se-buah ember besar.

Rp 3.000

Tercepat dalam Menyajikan Beritawww.radar-sulbar.com

TERBIT 16 HALAMAN

Kaco &Puccecang

MAMUJU -- Satu lagi figur yangakan maju di Pemilu Kepala Daerah(Pemilukada) Polewali Mandar(Polman). Kali ini yang menyata-kan bersedia menjadi calon BupatiPolman adalah Kepala DinasPendapatan Daerah (Dispenda)Sulbar, Mujirin M Yamin.

Mujirin M Yamin

Siap Majudi Pemilukada

Polman

Sekilas Sejarah Pasar Tinambung

Hari ini, Rabu, 1 Februari2012, peristiwa bersejarah terjadidi Tinambung. Pasar lama digan-tikan pasar baru. Dari pusat kotake pinggiran kota. Pusat ekonomiTinambung yang telah meng-hidupi banyak orang beberapagenerasi digantikan dengan PasarTalolo.

Relokasi pasar menjadi catatan tersendiri,sebab tidak menimbulkan konflik antaramasyarakat dengan pemerintah.

Menurut almarhum Ahmad Patingari, bu-dayawan Mandar yang kediamannya di banta-ran Sungai Mandai, di Calo-calo, Pasar Tinam-bung dibangun pada tahun 1921-1922 atau enamtahun sebelum Sumpah Pemuda diikrarkan diJakarta, pada tahun 1928.

Sebab adanya pasar ‘modern’ (waktu itu, un-tuk membedakannya dengan pasar kuno sepertiyang pernah terjadi di situs Laiyya di Lamasari-ang), pedagang-pedagang dari luar Tinambungmulai berdatangan.

Baca Hal 5 Pemilukada

RADAR/JAWALUDDIN

POLICE LINE.Aparat PolresMamuju memasangpolice line diruangan BagianBina ProgramKantor BupatiMamuju, Selasa 31Januari 2012.

Kantor BupatiBobol

Kasat PPMamuju Diminta Bertanggungjawab

MAMUJU -- Kantor Bu-pati Mamuju di Jalan Soekar-no-Hatta Mamuju, dibobolmaling, Selasa 31 Januari,dini hari. 11 laptop hilangdan beberapa alat elektroniklain raib digondol maling.

Parahnya di laptop danCPU terdapat data pentingterkait pengadaan barang danjasa tahun 2011. Laptop dan

CPU yang memuat data inihilang di Unit Layanan Pen-gadaan Mamuju.

Informasi yang dihim-pun Radar Sulbar, terdapatenam ruangan Bagian Sekre-tariat Daerah dan satu rua-ngan Asisten Pemkab Mamu-ju diobok-obok maling.

POLEWALI -- 12 mantananggota DPRD Mamasa pe-riode 2004-2009 yangmendekam akhirnya meng-hirup udara bebas. KejaksaanNegeri (Kejari) Polewalimelakukan eksekusi terhadapputusan Peninjauan Kembali

1 Februari 2010, dugaan Korupsi 24 anggota DPRD Mamasa 2004-2009 termasuk Bupati Mamasa, ObednegoDepparinding bergulir di PN Polewali.

13 April 2010, JPU Kejari Polewali menuntut 24 anggota DPRD Mamasa, selama satu tahun delapan bulan dandenda Rp50 juta.

20 April 2010, PH terdakwa melakukan pembelaan dan meminta majelis hakim membebaskan terdakwa darituntutan JPU.

3 Mei 2010, 24 anggota DPRD Mamasa divonis bebas oleh Majelis Hakim PN Polewali yang diketuai Ferdinandus SHKetua PN Polewali saat itu dengan putusan Pengadilan Negeri (PN) Polewali bernomor 11/Pid.B/2010/PN.Pol,tanggal 3 Mei 2010.

10 Juli 2010, Kejari Polewali melakukan kasasi atas putusan PN Polewali yang membebaskan 24 anggota DPRDMamasa.

17 Maret 2011, MA memvonis 24 mantan DPRD Mamasa melalui putusan bernomor 2440 K/Pid.Sus/2010

20 Juni 2011, mantan anggota DPRD Mamasa, Arifin Baso menyerahkan diri dan menjalani putusan MA diikutirekannya

18 Januari 2012, keluar putusan Peninjauan Kembali (PK) Mahkamah Agung (MA) No 186 PK/PID.SUS/2011tertanggal 18 Januari 2012 yang mengabulkan permintaan PK 24 mantan anggota DPRD Mamasa.

30 Januari 2012, Kejari Polewali menerima salinan petikan asli putusan PK MA terhadap 24 mantan DPRD Mamasa.Sehingga 12 terpidana langsung dibebaskan.

Kronologis Kasus 24 Mantan Anggota DPRD Mamasa

UNGGUL/PALU EKSPRES

KARAM DI SELAT MAKASSARKB Bethel karam di Selat Makassar karam Selasa 31 Desember, dini hari.Kapal bermuatan sayur ini melakukan pelayaran dari Donggala Sultengke Brau Kalimantan Timur.

12 TerpidanaMamasa Bebas

REPORTER: AMRI MAKKARUBAEDITOR: MAHBUB AMIRUDDIN

(PK) Mahkamah Agung (MA)No 186 PK/PID.SUS/2011 ter-tanggal 18 Januari 2012 yangmengabulkan permintaan PK24 mantan anggota DPRDMamasa.

Bebas, Arifin BasoJalan Kaki Lima KilometerAmos Syukuran, Asdar Wahab Kembali Bertugas

POLEWALI -- Mantan ter-pidana kasus dugaan korupsimeluapkan kegembiraaan den-gan cara berbeda. Arifin Basomisalnya, melakukan aksi jalankaki dari rutan Mamasa di Pe-nanian Desa Balla KecamatanBalla menuju kediamannya diMalabo Kecamatan Tandalukayang jaraknya sekitar lima ki-lometer.

Saat berjalan kaki, ArifinBaso ditemani istri dan beber-apa kerabat yang selama initerus memberikan support.

Kaco adalah anak seorang pejabatnegara yang bertugas dalam bidangkeuangan. Kebetulan, Kaco punmerupakan bendahara di sekolahnya.

Suatu hari, ia ketahuan meng-gunakan uang kelas itu untuk keper-luan pribadi. Pak Puccecang yangmerupakan gurunya, akhirnya me-manggil Kaco ke ruang guru.

Pak Puccecang: "Kenapa mupa-ke uang itu untuk kepentinganmusendiri? Itu kan uang milik teman-mu! Kepepetkokah?"

Kaco: "Tidak, Pak..."Pak Puccecang: "Jadi kenapa

pale? (Kaco hanya terdiam.) Cepat ka-takan! Kalo tidak, saya laporko ke ba-pakmu!!"

Kaco: "Lapormi, Pak ..., tidaktakutka. Kan bapakkuji yang ajarika".

Lapormi PakTidak Takutka

JAKARTA -- Fit and proper test CalonSekretaris Provinsi (Sekprov) Sulbar dijad-walkan berlangsung Rabu 1 Februari, hariini.

"Iya rencananya besok (hari ini,red) dikementerian. Pak gubernur juga baru be-rangkat ke Jakarta," sebut Kepala Perwa-kilan Sulbar di Jakarta dan Makassar, HMHamzih, Selasa 31 Januari.

Fit and proper tes atau uji kelayakancalon Sekprov Sulbar, rencananya berlang-sung siang ini di Kementerian DalamNegeri (Kemendagri) Jalan Medan Merde-ka Utara No7, Jakarta Pusat.

Tiga kandidat yang diusulkan GubernurSulbar telah memasukkan kelengkapan ber-kas di Kemendagri. Mereka adalah, SarjanLakki, Agussalim Tamadjoe serta IsmailZainuddin.

Salah satu kandidat Ismail Zainuddinmengaku siap menghadapi uji kelayakannanti. "Alhamdulillah kita siap," singkatnyavia telpon seluler, sore kemarin.

Calon Sekprov

Hari Ini Fitand Proper Tes

Baca HAL 7

Baca HAL 7

SUMBER: OLAH DATA RADAR SULBAR

Baca HAL 7

Baca HAL 7

H Arifin BasoAnggota DPRD Mamasa 2004-2009

Radar Sulbar - [PDF Document] (2)

2 RADAR SULBARRabu, 1 Februari 2012Ekonomi

Rubrik Khusus Humas Pemerintah Provinsi Sulawesi BaratINFO SULBAR

BIRO HUMAS DAN PROTOKOL SULBAR/ASRUL

MUSYAWARAH. Wakil Gubernur Sulbar Aladin S Mengga menyampaikan sambutan dan membuka Musyawarah Daerah (Musda) I Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Sulbar, Selasa 1 Januari 2012.

REPORTER:REPORTER:REPORTER:REPORTER:REPORTER: HASAN BASRI HASAN BASRI HASAN BASRI HASAN BASRI HASAN BASRIEDITOR: SUDIRMAN SAMUAL

PPPPPANCANCANCANCANCA KARA KARA KARA KARA KARYYYYYA PEMBANGUNAN SULAA PEMBANGUNAN SULAA PEMBANGUNAN SULAA PEMBANGUNAN SULAA PEMBANGUNAN SULAWESI BARAWESI BARAWESI BARAWESI BARAWESI BARAT PHASE IIT PHASE IIT PHASE IIT PHASE IIT PHASE IISEBASEBASEBASEBASEBAGGGGGAI KEBIJAI KEBIJAI KEBIJAI KEBIJAI KEBIJAKAN SAKAN SAKAN SAKAN SAKAN STRATRATRATRATRATEGI PEMBANGUNAN PRTEGI PEMBANGUNAN PRTEGI PEMBANGUNAN PRTEGI PEMBANGUNAN PRTEGI PEMBANGUNAN PROOOOOVINSI SULAVINSI SULAVINSI SULAVINSI SULAVINSI SULAWESI BARAWESI BARAWESI BARAWESI BARAWESI BARAT 20T 20T 20T 20T 20111111 - 201 - 201 - 201 - 201 - 201111166666

1. Peningkatan Profesionalisme Aparatur ( personalcapatcy building) Pemerintahan Daerah Provinsi Sulawesi Barat2. Peningkatan Kualitas dan Perluasan Ketersediaan Sarana dan Prasarana Ekonomi Vital3. Peningkatan Promosi dan Kerjasama dengan Pihak Ketiga Baik dalam Negeri maupun Luar Negeri4. Peningkatan Pemanfaatan Sumber Daya Alam5. Pengembangan Pemerintahan yang Peduli Lingkungan

RADAR/ HASAN BASRI

TANAM. Seorang petani melakukan penanaman padi di area persawahan.

MAMUJU -- Serangan hama tikuspada puluhan hektar tanaman padidi Kecamatan Kalukku beberapa pe-kan terakhir, berdampak pada penu-runan jumlah produksi padi di Ma-muju sekira 243 ton dalam satu tahun.

Menurut Sekretaris Dinas Perta-nian dan Peternakan (Distanak)Mamuju, Sujiyono, serangan hamatikus sangat besar dampaknya pada

Diserang Hama, Produksi Turun

jumlah produksi padi dibanding hamalain.

"Serangan hama tikus berbandingtiga kali lipat dari serangan hama lain.Untuk kasus di Kalukku, luas areal yangterserang sebanyak tiga sampai limapersen dari total areal persawahan.Hama tikus langsung memakan batangtanaman sehingga tidak dapat lagi ber-produksi," ujar Sujiyono kepada Ra-dar Sulbar, saat disambangi di ruangkerjanya, Selasa 31 Januari.

Jumlah produksi padi di DesaKalukku mencapai sekira 8.100 tonper tahun dengan luas persawahaan

1.800 hektar. Jika diklasifikasikan,jumlah produksi akan hilang sekira243 ton.

Sujiyono menambahkan, antisi-pasi serangan hama dapat dilakukanoleh petani dengan mengatur polatanam. "Solusi mengatasi seranganhama ini adalah dengan mengaturpola tanam, karena hama tikus me-miliki waktu khusus untuk meny-erang seperti bulan 10 dan 11. Padamasa itu, tikus sudah dalam masamelahirkan jadi petani janganmelakukan penanaman yang masapanennya di bulan itu," ungkapnya.

Salah seorang Petani di Kalukku,Munawir, mengatakan mengalamikerugian akibat serangan hama terse-but. Munawir harus menunggu anakpadi tumbuh dan dapat dipanen.

"Kita harus menunggu sampai tan-aman padi ini punya anak lagi. Kamiharus bersikan dan mengulangi pe-mupukan untuk bisa berhasil lagi.Tetapi produksi padi tetap akan ber-beda misalnya dalam satu hektar jikatidak terserang hama bisa menghasil-kan sekira lima ton, tetapi hasil sep-erti ini maksimal tiga ton," tuturnya.

(*)

MAMUJU -- Selama bulan Januari, transaksi pada CounterPT Suraco Jaya Abadi Motor berkurang. Hal tersebut dis-ebabkan stok motor sejak awal bulan Januari untuk semuavarian motor merk Yamaha kosong.

Rata-rata, penjualan setiap bulan mencapai 160 unit mo-tor. Namun awal tahun 2012 jumlah motor yang terjual han-ya 150 unit. Sales Counter PT Suraco Jaya Abadi Motor, Ah-mad Yani, saat ditemui mengungkapkan penurunan jumlahtransaksi awal tahun sudah sering terjadi.

Menurut Yani, pihaknya memperkirakan jumlah transak-si untuk seluruh varian motor Yamaha masih akan minimdalam beberapa bulan terakhir. Hal tersebut akibat daya belimasyarakat masih minim.

"Saat ini stok kami sudah normal kembali, meskipun awalpekan Januari sempat kosong. Dengan demikian, penurunanangka penjualan ke depan bukan akibat pengaruh stok tapirendahnya daya beli masyarakat," imbuhnya.

Dari semua hasil penjualan produk Yamaha, yang palingdiminati oleh masyarakat adalah jenis motor matic. Rata-rata penjualan varian matic mencapai 40 persen lebih besardari total penjulan varian yamaha lainnya. (mg6/dir)

Stok Kosong,Transaksi Berkurang

MAMUJU -- Dalam dua tahun kedepan, jumlah wisatawan yang da-tang ke Mamuju bakal mengalamipeningkatan. Melihat kemungkinantersebut, PT Talenta Tourism Inter-national membuka kantor cabang diMamuju.

Sebagai langkah awal, perusahaanyang bergerak di bidang tour dan trav-el mengadakan peresmian kantor pe-layanan yang terletak di Jalan A. P.Pettarani No. 39 Mamuju, Selasa 31

Kunjungan Wisata ke Mamuju Bakal MeningkatJanuari.

Direktur utama PT Talenta Tour-ism International, Irsan Ali, saatmemberikan sambutan dalamperesmian mengungkapkan kehadi-ran perusahaan tersebut diharapkanmampu memberikan pelayanan ke-pada para wisatawan yang akan ma-suk ke Mamuju.

"Kami membaca prospek trendpeningkatan kunjungan ke daerahini. Ke depan, Mamuju akan semakin

dikenal baik dari segi wisata maupunbudaya. PT Talenta Tourism Interna-tional berharap memberikan kontri-busi dengan pelayanan sebagai peru-sahaan travelling," ungkap Irsan.

sem*ntara itu, Wakil GubernurSulbar Aladin S Mengga yang didaul-at meresmikan kantor PT TalentaTourism International cabang Ma-muju mengungkapkan untuk men-dukung kemajuan jumlah wisatawanbeberapa tahun mendatang, Pem-

prov Sulbar akan berupaya men-ingkatkan fasilitas Bandara TampaPadang.

"Dalam waktu dekat Pemprov Sul-bar akan menambah runway (lan-dasan pacu) Bandara Tampa Padangsepanjang 400 meter. Pemprov Sul-bar juga akan melakukan penambah-an maskapai penerbangan yang me-layani rute penerbangan ke Mamu-ju," ungkapnya.

(mg6/dir)

JAKARTA - Direktur Utama PT Bank Tabungan NegaraTbk (BTN) Iqbal Latanro mengatakan, saat ini BTN sudahmasuk pada kelompok 10 besar perbankan nasional. "AsetBank BTN 2011 mencapai lebih dari Rp 89 triliun," ujarnyadi sela-sela memberikan bantuan dua unit mobil donor darahsebagai bentuk corporate social responsibility (CSR) kepadaPalang Merah Indonesia (PMI) di Jakarta, Senin (30/1).

Jika dibandingkan dengan asetnya pada 2006 yang sebe-sar Rp 32,5 triliun, maka aset Bank BTN posisi 2011 telahtumbuh sekitar 243,2 persen. Kredit BTN pada posisi yangsama mengalami pertumbuhan sekitar 284,5 persen. Sedanglaba posisi yang sama tumbuh sekitar 274,9 persen, di manalaba 2011 tembus di kisaran Rp 1 triliun dan 2006 laba ter-catat Rp 365 miliar.

Selain kinerja yang bagus, Iqbal juga mengungkapkan, keg-iatan perseroan terkait CSR adalah meresmikan programLingkungan Harmoni BTN di Kelurahan Pulau Lae Lae Ke-camatan Ujung Pandang, Makassar, belum lama ini. Menu-rut Iqbal, itu adalah gerakan sosial BTN untuk memberdaya-kan masyarakat dalam suatu lingkungan baik perumahan atauwilayah yang sekaligus dapat memberikan manfaat kepadamasyarakat agar lebih berdaya.

Program ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kual-itas hidup secara berkesinambungan (sustainable). (jpnn)

Aset Bank BTNTumbuh 243,2 Persen

JAKARTA - PT Berlian Laju Tank-er Tbk (BLTA) urung penyelengga-raan paparan publik. Penundaan itudilakukan setelah mendapat masukandari penasehat keuangan perseroanyaitu FTI Consulting. Dengan faktaitu, paparan publik yang sedinya di-helat 31 Januari belum ada titik ter-ang.

Merujuk rilis yang disampaikanmanajemen kepada bursa efek indo-nesia (BEI), belum diungkap kapanhari pengganti paparan tersebut.

JAKARTA - Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB),Nuryasin menilai pemerintah malu-malu mengambil kebi-jakan untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM)bersubsidi. "DPR tak pernah menyuruh BBM naik. Walauitu cara realistis, gampang, cepat, resiko kecil. Tapi biarkansaja dulu pemerintah berpikir. Kenaikan BBM pemerintahmalu-malu. Itu jangka pendek yang bisa dilakukan," kata Nu-ryasin di Jakarta, Selasa 31 Januari.

Dikatakan, PKB tanpa ditekan pun akan memilih kenai-kan harga BBM, namun dengan beberapa catatan. "Kami set-uju naik Rp500 hingga Rp1000 perliter. Tapi kami minta roadmap pembangunan infrastruktur di pertamax. Jangannantinya impor malah menguntungkan asing. Jelaskanbagaimana pengadaan pertamax, kapan kita bisa mencukupitidak hanya beli. Kapan gas bisa dipakai mobil, darimanagasnya," tambahnya.

Dijelaskan, bahwa persoalan utama BBM adalah pemberi-an subsidi yang salah sasaran. Nuryasin mengaku sudahmelakukan penelitian di dapilnya, baik melalui data primermaupun skunder. "54 persen angkutan umum itu pendapa-tan menengah. Tapi, satu dapil yang makai mobil hanya tu-juh persen. Artinya dari 54 persen, itu hanya 7 persen saja diIndonesia yang menggunakan subsidi. Itu salah sasaran,"katanya. (jpnn)

Turun Peringkat, Urung Paparan PublikManajemen hanya berjanji akanmenginformasikan kalau sudah adakepastian agenda dan hari pengganti.

”Kita lihat saja nanti. Pasti akanmanajemen informasikan kalausudah ada kepastian,” demikian bun-yi pernyataan manajemen sebagaim-ana dilansir bursa.

Memang akhir pekan lalu, BerlianTanker mengumumkan keputusanmengejutkan. Pengumumanmendadak itu soal penundaan selu-ruh pembayaran utang dan obligasi

perseroan serta kelompok usahanya(standstill), kecuali salah satu anakusahanya yaitu PT Buana Listya TamaTbk.

Pasca pengumuman standstillutang itu, langsung mendapat respondari lembaga pemeringkat Fitch Rat-ings. Jawaban Fitch Ratings adalahmenurunkan

Peringkat jangka panjang denomi-nasi rupiah dan asing perseroan keC dari sebelumnya CCC.

Penurunan itu terjadi untuk kali

kedua. Itu setelah peringkat perseroanditurunkan menjadi CCC dari posisisebelumnya menyusul penghentiansaham diberlakukan Bursa Efek Indo-nesia dan Bursa Singapura pada 25Januari. Selain itu, penurunan per-ingkat juga dilakukan untuk obligasidolar AS manajemen senilai USD 400juta.

Obligasi yang jatuh tempo pada2014, yang diterbitkan BLT FinanceBV dan dijamin Berlian Tanker.

(jpnn)

PKB: PemerintahMalu Naikkan BBM

Radar Sulbar - [PDF Document] (3)

Mamuju 3RADAR SULBARRabu, 1 Februari 2012

RADAR/ HASAN BASRIRADAR/ HASAN BASRIRADAR/ HASAN BASRIRADAR/ HASAN BASRIRADAR/ HASAN BASRI

URUNG MELAUT. Cuaca buruk membuat nelayan urung melaut.

Drs. H. Suhardi Duka, MMBupati Mamuju

Ir. Bustamin BausatWakil Bupati Mamuju

Drs. H. Habsi Wahid, MMSekda Mamuju

VISI PEMERINTAH KABUPATEN MAMUJU"Gerakan Membangun Mamuju, Menuju Masyarakat Maju dan Mandiri (Gerbang Maju)"

TUJUANPeningkatan Kualitas dan Pemerataan Pelayanan Pendidikan

MISI I Meneruskan Layanan Pendidikan dan Kesehatan gratis yang semakin dimantapkan

SASARANPelayanan Pendidikan gratis yang berkualitas

Tersedianya sarana dan prasarana pelayanan kependidikan yang memadaiMeningkatkan kuantitas dan kualitas tenaga pendidikan dan kependidikan

Terselenggaranya Pendidikan Anak Usia Dini

Rubrik Khusus Humas Pemerintah Kabupaten Mamuju

RADAR/MUHAMMAD ILHAMRADAR/MUHAMMAD ILHAMRADAR/MUHAMMAD ILHAMRADAR/MUHAMMAD ILHAMRADAR/MUHAMMAD ILHAM

SEMINAR. Wakil Bupati Mamuju Bustamin Bausat memberikan pengarahan dalam Kersosnas Mamuju tahun 2012 FKG Unhas di Kantor Bupati Mamuju, beberapa hari lalu

EKSEKUTIF MAMUJU

REPORTER:REPORTER:REPORTER:REPORTER:REPORTER: HASAN BASRI HASAN BASRI HASAN BASRI HASAN BASRI HASAN BASRIEDITOR: SUDIRMAN SAMUAL

MAMUJU -- Cuaca buruk yangmelanda wilayah Kabupaten Mamu-ju, Senin 31 Januari, mengakibatkanpuluhan nelayan urung melaut. Ne-layan tidak berani memaksakan diriatau nekat melaut karena besarnyaombak bisa membuat kapal terdam-par dan tenggelam.

Kondisi ini membuat pesisirpantai Mamuju ramai oleh perahuyang bersandar. Untuk mengisi wak-tu kosong, nelayan beristirahat sam-bil merawat dan membersihkan per-ahu mereka.

Salah seorang nelayan Mamuju,Andi Aco, mengatakan kondisi cua-ca buruk sudah terjadi sejak satu bu-lan lalu. "Kami tidak pernah terlalujauh untuk mencari ikan selama satubulan ini, karena cuaca tidak menen-tu. Biasanya kami tetap melaut wa-laupun ombak besar demi memenu-hi kebutuhan hidup. Tetapi untukhari ini (kemarin,red) kami tidakpergi karena takut dengan ombak

MAMUJU -- Tempat wisata permandian So'do atau KaliMamuju memiliki potensi untuk menghasilkan PendapatanAsli Daerah (PAD). Namun sayangnya, tempat wisata palingfavorit masyarakat Mamuju tersebut belum mendapat sentu-han maksimal dari Pemkab Mamuju.

Fasilitas permandian kali Mamuju sangat minim. Terbuktidengan infrastruktur jalan yang sangat memprihatinkan dansarana prasarana lainnya masih minim seperti ruang gantipakaian yang kurang dan tidak terawat dengan baik.

Minimnya sarana dan prasarana seharusnya mendapatperhatian serius karena menjadi salah satu yang didengung-kan Pemkab Mamuju sebagai tempat wisata andalan pengha-sil PAD bagi daerah ini.

Menurut salah seorang pengunjung, Mahmudin, tempatwisata Kali Mamuju bisa menjadi salah satu modal utamamemancing wisatawan untuk datang ke daerah tersebut. "San-gat disayangkan sekali jika tempat wisata alam yang indahtidak terawat, karena dapat membuat wisatawan malas datanglagi karena tidak bisa berekreasi dengan nyaman," kata Mah-mudin kepada Radar Sulbar.

Ia berharap, permandian kali Mamuju bisa dengan cepatdibenahi Pemkab Mamuju dengan membagun infrastrukturyang sangat dibutuhkan tempat tersebut.

Kepala Disbudpar Mamuju, Ince Rahmat Rahman, menga-takan peningkatan infrastruktur tempat wisata Disbudpar akansegera dilakukan. "Untuk peningkatan infrastruktur, kami akanlakukan di dua tempat wisata yaitu Pulau Karampuang danpermandian kali Mamuju. Tetapi untuk kali Mamuju kamisudah serahkan ke Dinas PU Sulbar untuk menangani masalahitu," ungkapnya.

Rahmat mengakui, sarana dan prasarana tempat wisata diMamuju terutama permandian Kali Mamuju masih sangatmenprihatinkan. Padahal, jumlah pengunjung di tempat itusebanyak 17 ribu orang per tahun dengan jumlah pemasukanhanya Rp 17 juta per tahun. (rp2/dir)

MAMUJU -- Jalan Abdul Syakur Mamuju mendadak ramaisekira pukul 20.30 Wita, Senin 30 Januari. Keramaian ini ak-ibat adanya aksi penganiayaan oleh seorang warga setempatAD terhadap AS yang merupakan warga Jalan PengayomanMamuju.

Penganiayaan tersebut berujung maut, karena AS mender-ita luka tusuk benda tajam di bagian dada. AS akhirnya meng-hembuskan nafas terakhir beberapa saat setelah tiba di RSUDMamuju dan tak sempat mendapatkan perawatan medis.

Dari keterangan yang dihimpun Radar Sulbar, Selasa 31Januari, tersangka AD saat itu berada dikediamannya yangberada tidak jauh dari Tempat Kejadian Perkara (TKP) didepan ruko dialer Yamaha Motor PT Suraco Jaya Abadi.

Saat itu, korban yang datang langsung memarahi tersang-ka. Tidak terima atas perlakuan korban, tersangka pun melaku-kan penganiayaan terhadap korban hingga nyawanya tak da-pat diselamatkan.

Untuk menghindari amuk massa setelah menganiaya kor-ban, tersangka melarikan diri ke tempat yang aman kemudianmelaporkan keberadaannya kepada petugas Polres Mamuju.sem*ntara itu, korban yang telah bersimbah darah segeradilarikan ke RSUD Mamuju oleh warga.

Selain mengalami luka tusuk di bagian dada, korban jugamengalami luka akibat benda tajam di bagian tangan kanandan memar di leher. Korban tidak dapat diselamatkan karenaluka tusukan di bagian dada diperkirakan kedalamannya men-capai sekira 10 sentimeter.

Wakapolres Mamuju, Kompol Sajaruddin, membenarkankejadian tersebut. Menurutnya, tersangka dan korban sama-sama warga Kabupaten Wajo Sulsel. Olehnya, pemakamankorban akan dilakukan di kampung halamanya di KabupatenWajo.

"Kami telah mengamankan pelaku. Saat ini kami masihmelakukan pemeriksaan. Diduga kejadian ini akibat sengketabisnis. Untuk sem*ntara pasal yang dikenakan yaitu pasal 351KUHP tentang penganiayan. Namun nanti saat dilakukan BAP(Berita Acara Pemeriksaan,red) pelaku dapat saja dijerat pasallain tergantung hasil pemeriksaan," katanya saat disambangiRadar Sulbar, Selasa 31 Januari. (rp1/dir)

Sengketa BisnisBerujung Maut

MAMUJU -- Enam wilayah pesi-sir di Kabupaten Mamuju Sulbar di-nilai sangat rawan kasus pembomanikan. Hal itu terbukti dengan bany-aknya laporan masyarakat yang di-terima dari Dinas Kelautan dan Peri-kanan (DKP) Mamuju sejak tahun2011.

Wilayah tersebut adalah pesisirPulau Karampuang, pesisir Kecama-tan Simboro, Tapalang, Kalukku, To-poyo dan Papalang. Kepala BidangUsaha dan Pengadaan DKP Mamu-ju, Sudir, mengaku kasus pembomanikan marak terjadi di Mamuju tetapimereka belum tahun siapa pelakun-

ya."Kami pernah dapat laporan dari

masyarakat bahwa sering terjadipembom ikan, tetapi mereka tidakmau memberikan info siapa pelaku-nya. Jadi kami tidak bisa melakukantindakan karena kami tidak punyabukti," kata Sudir saat disambangi diruang kerjanya, Selasa 31 Januari.

Selain pemboman ikan, kasuspencurian karang juga pernah terja-di di Kabupaten Mamuju. Untukpengawasan, menurut Sudir, DKPsering melakukan patroli tetapi mere-ka tidak pernah melihat adanya ka-sus pemboman dan pencuriankarang tersebut.

"Kami sering melakukan penga-wasan tetapi kasus seperti itu tidakada yang kami dapat. Mungkin kare-

na para pelaku sudah tahu kalau kamimelakukan patroli jadi mereka tidakberaksi lagi," ungkapnya.

Untuk mengantisipasi semakinmarak terjadinya kasus pembomanikan dan pencurian karang, DKPMamuju mengajukan usulan pen-gadaan sembilan kapal patroli pen-gawas dan tiga unit pos.

Sembilan kapal pengawas akanditempatkan ke enam kecamatanmasing-masing satu unit di Tapa-lang, tiga unit di Kalukku, satu unitdi Topoyo, satu unit untuk Simboro,satu unit di Topoyo, satu unit di Pu-lau Karampuang dan satu kapal pen-gawas besar untuk DKP Mamuju.

"Kapal pengawas itu akan di-gunakan oleh Poklamas ( kelompokpelayanan masyarakat) sehingga

mereka yang memberikan informa-si kepada kita adanya kasus pem-boman ikan ini," ujarnya.

Menurut Sudir, selain usulan ka-pal pengawasan perairan, DKP jugaakan mengusulkan pembangunanpos untuk pemantauan wilayah pe-sisir di Mamuju. "Pos ini akan me-mudahkan pelaporan setiap Pokla-mas tentang adanya kasus tersebut.Pos itu akan diposisikan di tigawilayah yaitu Kabuloang, PulauKarampuang dan Sumare," sebutnya.

Anggaran pengadaan kapal pen-gawas sebanyak Rp 210 juta dan pem-bangunan pos sebanyak Rp 75 juta."Dana yang digunakan semuanyaberasal dari DAK (Dana AlokasiKhusus)," ungkapnya.

(rp2/dir)

Cuaca Buruk, Nelayan Urung Melaut

yang sangat besar ini," kata Andi Aco*kepada Radar Sulbar.

Andi Aco yang memilki empatanak ini mengaku, jumlah tangkapanikan selama kondisi cuaca burukmengalami penurunan empat kalilipat. "Selama satu bulan ini kamihanya bisa menangkap ikan seban-yak tiga sampai lima kilogram, ber-

beda dengan sebelum cuaca masihstabil kita bisa menangkap hingga 20kilogram," akunya.

Hal senada juga dipaparkan Rik-pu. Nelayan ini mengatakan sekirasatu bulan mereka tidak pernah me-laut karena kondisi cuaca yang tidakmenentu. "Kami takut melaut. Selainberbahaya di tengah laut, kami juga

Wisata Kali MamujuButuh Perhatian

Enam Wilayah Rawan Bom Ikan

takut merugi karena hasil tangkapansedikit sedangkan pembelian bensinbanyak. Jadi kami menunggu cuacabenar-benar membaik," tuturnya.

Akibat kondisi cuaca yang mem-buat nelayan urung melaut, merekaberharap pemerintah memberikanbantuan untuk memenuhi kebutu-han keluarga mereka. (rp2/dir)

BERSANDAR.Perahu nelayanhanya bersandardi tepi pantaiakibat cuacaburuk yangsemakin ganas.

RADAR/ HASAN BASRI

Radar Sulbar - [PDF Document] (4)

Parlementaria4 RADAR SULBARRabu, 1 Februari 2012

RADAR/ JAWALUDDIN

FOTO BERSAMA. Anggota DPRD Mamuju H Andi Dody, Fatahuddin, H Hasanuddin Sailon, A Ikhsan Sarif, Muham-mad Amin, dan Syahrul Sukardi.

KUNJUNGAN KERJA. Anggota Komisi III DPRD Sulbar Mervie Parasan, HM Gaus Bastary, H Thahir Madanni, HAsnuddin Sokong, H Sukardi M Noor, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten POlewali Mandar.

PARLEMENTARIA Rubrik Khusus HumasDPRD Sulawesi Barat LEGISLATIF MAMUJURubrik Khusus Humas

DPRD Kabupaten Mamuju

RADAR/ JAWALUDDINBENDUNGAN. Aliran Sungai dari pembuangan Bendungan Bili-bili Kabupaten Gowa Sulsel.

REPREPREPREPREPORORORORORTERTERTERTERTER::::: J J J J JAAAAAWWWWWALALALALALUDDINUDDINUDDINUDDINUDDINEDITOR: SUDIRMAN SAMUAL

MAMUJU -- Rencana pemban-gunan PLTA Karama dipandang se-bagai solusi untuk menata Kecama-tan Bonehau dan Kalumpang sebagaikota baru. Namun, butuh sosialisasilangsung pada warga mengenai selu-ruh dampak pembangunan proyekini.

Tiga fraksi DPRD Mamuju men-yatakan menerima pembangunanPLTA Karama meski dengan berbagaikonsekuensi. Ketiga fraksi yakni Ha-nura, PAN Sejahtera, dan Persau-daraan mengeluarkan pernyataan

MAMUJU -- Setelah Fraksi Golkar menyampaikan desakanagar Pemkab Mamuju segera melakukan Operasi Pasar (OP). Kinigiliran Fraksi Hanura dan Fraksi Persaudaan DPRD Mamujumeminta hal serupa. Wakil Ketua Fraksi Hanura, Irwan SP Paba-bari, mendesak Pemkab Mamuju segera melakukan OP. Alasan-nya, harga beras di pasaran masih belum stabil sehingga mem-buat warga mengeluh. Belum lagi, akan adanya kenaikan hargaBahan Bakar Minyak (BBM) sekira awal April mendatang.

"Dengan segala hormat, Fraksi Hanura meminta Bupati Ma-muju segera merekomendasi Bulog Mamuju menggelar OP. Jan-gan sampai harga beras yang sudah tinggi terpengaruh rencanakenaikan harga BBM sehingga makin membuat harga berasmelonjak tajam," terangnya, Selasa 31 Januari.

Ketua Komisi II DPRD Mamuju ini mengatakan, harga berassudah mencekik warga karena mencapai Rp 8.200 per kilogram.Sehingga pemerintah secepatnya diminta melakukan langkahantisipasi agar tidak terjadi lagi kenaikan harga beras di pasartradisional di Mamuju.

"Harga beras diprediksi masih akan naik menyusul rencanakenaikan harga BBM karena harga emas sudah naik di pasarglobal. Dari OP, kami berharap harga dapat stabil sehinggamasyarakat kecil dapat menjangkau harga tersebut," ucapnya.

Senada, Ketua Fraksi Persaudaraan DPRD Mamuju, Lalu Syam-sul Rijal, mengatakan OP harus segera dilakukan. Sehingga tidaksampai membuat harga beras naik lagi. Olehnya, beras di BulogMamuju seharusnya dapat disalurkan termasuk pada pasar-pasaryang berada jauh dari kota Mamuju.

"Semua pasar di Kecamatan Mamuju harus mendapat jatahberas hasil OP sehingga ada pemerataan. Utama sentra ekonomiwarga seperti di Tapalang, Tasiu, Tarailu, Topoyo, Budong-bud-ong dan Karossa harus menjadi prioritas utama," ujarnya.

(rp1/dir)

POLEWALI -- Dalam rangka proses penanganan abrasi se-cara terpadu di Polewali Mandar, sejumlah anggota mendesakpimpinan DPRD Polewali Mandar untuk kembali melakukanevaluasi hasil kesepakatan terkait penanganan abrasi.

Anggota Komisi II DPRD Polewali Mandar, Bahri HP, men-yampaikan berdasarkan pertemuan dengan SKPD terkait abrasibeberapa waktu lalu, akan dilakukan penanganan secara terpadusesegera mungkin terhadap titik abrasi di daerah ini. "Sudahsaatnya melakukan evaluasi sejauh mana hasil kesepakatan ituditaati dan apa saja yang belum dilakukan serta apa kendalanya.Makanya diharapkan pimpinan kembali mengundang pihak ter-kait untuk kembali duduk bersama," pinta Bahri.

Bahri mengatakan hanya mencoba mengingatkan pimpinan,kiranya kembali mengundang SKPD terkait untuk duduk bersa-ma. Sebab bila persoalan yang disepakati akan ditangani secaraterpadu ini tidak diseriusi, dipastikan penanganan sejumlah ti-tik abrasi didaerah ini akan berjalan lamban.

"Makanya kami usulkan, kiranya pimpinan dapat mengini-siasi mengundang kembali para SKPD terkait untuk kembaliduduk bersama demi melihat sejauh apa jalannya komitmen yangpernah kita bangun bersama," kata Bahri.

sem*ntara Ketua Komisi III DPRD Polman, Hamzah Haya,sangat menyambut baik usulan anggota Komisi II, yang men-yarankan unsur pimpinan untuk menjadi inisiasi pertemuankembali penanganan terpadu abrasi di Polewali Mandar. Dalampertemuan beberapa waktu lalu sejumlah SKPD terkait sedangmelakukan evaluasi program yang dapat mereka alihkan ke pen-anganan abrasi untuk disisihkan.

"Olehnya, saya selaku pimpinan Komisi III sangat mengapre-siasi usulan anggota Komisi II Bahri HP. Kita mau lihat manaSKPD yang telah memiliki kesempatan untuk lebih dahulu berg-erak melakukan penangan tanggap darurat dibeberapa titik abrasidi daerah ini," kunci Hamzah. (k1/mkb)

POLEWALI -- Dusun TandakanDesa Batetangnga Kecamatan Binu-ang Polewali Mandar, mengajukanuntuk menjadi satu wilayah otonombaru.

Pengajuan pemekaran Desa Tan-dakan ini dibenarkan Wakil KetuaKomisi I Dewan Perwakilan RakyatDaerah (DPRD) Polewali Mandar,Amiruddin, Selasa 31 Januari 2012.

Menurut Amiruddin, bila melihatdari proposal pemekaran yang diaju-kan oleh panitia pemekaran calondesa, semua kebutuhan yang menja-di prasyarat pemekaran memanggambarannya telah terpenuhi. Han-ya saja untuk memastikan kebenaranterpenuhinya prasyarat yang diaju-

Butuh Sosialisasi Langsung Pada WargaPembangunan PLTA Karama

pasca studi banding anggota DPRDMamuju dari Bendungan Bili-biliKabupaten Gowa, Sulsel.

Wakil Ketua Fraksi Hanura, IrwanSP Pababari, mengatakan misi pem-bangunan PLTA Karama adalah un-tuk perbaikan nasib masyarakat Bone-hau dan Kalumpang. Namun, hinggakini polemik rencana pembangunanPLTA Karama terjadi menyusul belumadanya sosialisasi dari pemerintah.

"Menurut saya, ada poin yang tarikmenarik jika pembangunan PLTAKarama dilakukan. Kalau PLTA diban-gun, otomatis sejumlah wilayah tam-bang di Bonehau dan Kalumpangakan berhenti atau hilang. Jika saya

melihat pembangunan PLTA akanlebih memiliki dampak positifdibanding dengan pertambanganyang sedang dikerjakan disana," kat-anya, Selasa 31 Januari.

Pertambangan di Bonehau danKalumpang tidak berdasar pada pro-gram yang berbasis lingkungan. Se-dangkan PLTA Karama dapat mem-berikan kontribusi baik pada sektorpariwisata, sektor pengairan perke-bunan dan pertanian, serta sektorkebutuhan energi.

"Dampak pembangunan PLTAbukan hanya akan dirasakan wargaBonehau dan Kalumpang, namunsemua warga Sulbar akan merasakan.

Utamanya, untuk warga di wilayahterpencil yang belum pernah merasa-kan penerangan listrik seperti DesaLebani dan Labuang Rano Kecama-tan Tapalang Barat," paparnya.

Untuk relokasi, sebaiknya wargaBonehau dan Kalumpang dibuatkansuatu kota baru. Jika perlu di kawasanKalumpang dibangun menjadiibukota Kabupaten Mamuju, setelahMamuju diubah jadi ibukota. "Palingkongkrit, agar warga Bonehau danKalumpang dapat percaya maka se-baiknya Bonehau dijadikan ibukotaKabupaten Mamuju agar pemban-gunan dapat berjalan maksimal disana," ujarnya.

Hal senada disampaikan Sekretar-is Fraksi PAN Sejahtera, Fatahuddin.Menurutnya, pembangunan PLTAKarama dapat diterima jika hak-hakrakyat yang direlokasi tidak diabai-kan. Olehnya, relokasi harus jelas.Utamanya, lahan yang digunakanwarga pasca relokasi harus telah siap.

Ketua Fraksi Persaudaraan, LaluSyasul Rijal, menambahkan pemban-gunan PLTA Karama tidak bolehmengebiri hak rakyat. Program pe-merintah untuk kemaslahatanmasyarakat perlu mendapat dukun-gan semua pihak termasuk DPRDMamuju.

"Meski demikian, relokasi perlukajian khusus karena jangan sampaihak rakyat terabaikan sehingga meny-engsarakan. Olehnya, tuntutanmasyarakat di Bonehau dan Kalump-ang harus segera dipenuhi. Terma-suk tempat yang akan digunakan un-tuk relokasi harus segera dibangun,"harapnya. (rp1/dir)

Dusun Tandakan Minta Jadi Desakan oleh panitia calon desa, pihakKomisi I akan melakukan kunjungankewilayah yang akan memekarkandiri menjadi satu desa.

"Jadi setelah melihat proposal pe-mekaran yang mereka ajukan, padaprinsipnya kami bisa memahami sub-tansi pemekaran yang mereka ajukan.Tapi untuk memastikany secara fak-tual kebenaran data prasyarat yangtertuang dalam proposal mereka,penting dilakukan kunjungan lapan-gan," ungkap Amiruddin.

Namun Amiruddin, mengatakankunjungan lapangan baru akan di-lakukan pasca perjalanan anggotaKomisi I yang saat ini sedang melaku-kan perjalanan diberbagai alat ke-

lengkapan dewìan.Sehingga untuk menjadwal renca-

na kunjungan ke calon desa yang.mengajukan pemekaran baru dapatdilakukan setelah anggota Komísi Itelah berada ditempat.

"Makanya jadwal kunjungan be-lum bisa kami buat dan sampaikankepanitia pemekaran calon DesaTandakan, sebab anggota Komisi Ilainnya masih berada diluar daerahuntuk urusan dinas," kata Amiruddin

Ia mengungkapkan dalam propos-al yang diajukan oleh panitia pe-mekaran Desa Tandakan, tertuangdata meliputi ada empat dusun yangberada diwilayah Batetangnga me-liputi Dusun Tandakan, Dusun Tan-

dakan Baru, Dusun Sappoang danDusun Persiapan Palobang telahmenyatakan diri akan bergabungdalam Desa Tandakan dengan totaljumlah penduduk sebanyak 505 Ke-pala Keluarga (KK) dengan estimasijumlah jiwa sebanyak 2365 jiwa danluas wilayah 8281 hektar.

"Dengan estimasi gambaran ini,memang sudah memenuhi syarat,hanya saja memang dari awal jugakesiapan sarana dan prasaran kantordesa sudah harus siap sebelumdimekarkan, seperti kesiapan aset la-han pembangunan kantor desa agartidak menimbulkan gejolak yang samadiwilayah lain," kunci Amiruddin.

(k1/mkb)

Pimpinan DPRD DidesakBahas Kembali Abrasi

Hanura-PersaudaraanDesak OP

Radar Sulbar - [PDF Document] (5)

Pemilukada 5RADAR SULBARRabu, 1 Februari 2012

PARLEMENTARIA Rubrik Khusus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Polewali Mandar

RADAR/JHAMHUR ANJASMARA

WAKIL Ketua II DPRD Polewali Mandar Jamar Jasin Badu, memeriksa absensi guru di salah satu sekolah saatmelakukan inspeksi mendadak.

RADAR/ JAMHUR ANJASMARA

KOMISI I DPRD Polewali Mandar, menggelar rapat dengan Bagian Umum dan Asset Daerah Pemkab Polman.

BERITA KEHILANGAN BARANGBERITA KEHILANGAN BARANGBERITA KEHILANGAN BARANGBERITA KEHILANGAN BARANGBERITA KEHILANGAN BARANG1 (satu) Buah BPKB (Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor)Atas Nama PT. MamuangNomor Polisi DD.8085 ASAlamat : Desa Pasangkayu, Kec PasangkayuMerk//Tipe : Daihatsu S702765 CCJenis/Model : Pick UpTahun Pembuatan : 2000, isi slinder 2765 CCWarna Biru, No Rangka : 3007964No Mesin : 003453, No BPKB : 033270SRNomor : LKB/100/XI/2011SPKT.Nama : Siswanto. M.K, SHUmur : 46 Tahun , Pekerjaan : PolriAlamat : Jl. Zebra II No. 2A Kel. Birobuh Utara Kec. PaluSelatan Kota Palu

Pembina: HM Alwi Hamu, H Syamsu Nur, Komisaris Utama: H Andi Syafiuddin Makka,Komisaris: HM Subhan Alwi, Irwan ZainuddinDirektur: Naskah M. Nabhan, Wakil Direktur SDM & Produksi: Mahbub AmiruddinWakil Direktur Pemasaran: Muhammad Ilham, Penasehat Hukum: Ridwan J. Silamma, SH & Parnert,Keuangan: Yuli Sulianti (Manager), Iklan/Sponsorship: Mawarni Simargolang (Manager),Sirkulasi: Firdaus Paturusi (Koordinator), Rismayanti, Rukman.Alamat Kantor Mamuju: Jl. Jend. Sudirman No. 50, Telp./Fax. 0426-22138Majene: Jl. Jend. Sudirman No. 167, Telp. 0422-21157 (M. Yunus Alibin),Polewali: Jl. H.A. Depu No. 39, Telp. 0428-23203 (Hasanuddin),Pasangkayu: Jl. Trans Sulawesi No. 52, Telp/HP: 0813 4247 1414, (Andi. Safrin.M),Makassar: Graha Pena, Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Telp. 0411-5238913/085299874232 (Agus-salim), Jakarta: Jl. Kebayoran Lama No. 17, Telp. 021- 5322632 (Andi Syamsuri),Surabaya: Jl. Pasar Kembang Ruko Green Flowers Blok B1 No. 20 SBY Telp.081342763676(Sukri)

Pemimpin Redaksi: Naskah M. NabhanWakil Pemimpin Redaksi: Mahbub AmiruddinRedaktur Pelaksana: Muhammad Ilham, Koordinator Liputan: Sudirman SamualRedaktur: Muh. Amri Makkaruba, Chaerul MarfanDewan Redaksi: H. Syamsu Nur, Naskah M. Nabhan, Mahbub Amiruddin, Muh. IlhamReporter: Jawaluddin, Jamhur Anjasmara, Syamsuddin Rahman, Syamsuddin HB, Hasan Basri.Layouter/Desain Grafis: Shofiandhy BT, Muhammad Ali Akbar.IT - Website: Muh. Ridwan Alimuddin, Chalid Mawardi. Percetakan: PT Fajar UtamaIntermedia Cabang Sulbar. Harga Langganan: Rp 65.000/Bulan, Harga Eceran: Rp3.000/Eksamplar. Harga Iklan: Iklan Umum/Display: Berwarna (FC) Rp 25.000/mmk, HitamPutih (BW) Rp15.000/mmk, Iklan Reguler Rp 6.000/mmk, Iklan Duka Cita Rp 8.000/mmk, IklanMungil (FC) Rp 4.000/mmk, Iklan Mungil (BW) Rp 2.000/mmk, Iklan Kolektif Rp1 juta/ktk, IklanBaris Rp 5.000/baris, Radar Society: 1/2 hal. Rp 5.000.000, 1 hal. Rp 10.000.000.Rekening Bank: PT. Radar Sulawesi Barat

BRI Cabang Mamuju, No. 0218-01-012598-50-9

RADAR SULBAR

Dalam melaksanakan tugas Jurnalistik, wartawanRadar Sulbar dibekali tanda pengenal dan tidak

diperkenankan menerima maupun memintaimbalan dari nara sumber

Pertama dan Terbesar di Sulawesi Barat

Terbit Sejak 10 Juni 2004

PENERBIT: PT RADAR SULAWESI BARAT

MAMUJU -- Satu lagi figur yangakan maju di Pemilu Kepala Daerah(Pemilukada) Polewali Mandar (Pol-man). Kali ini yang menyatakan ber-sedia menjadi calon Bupati Polmanadalah Kepala Dinas PendapatanDaerah (Dispenda) Sulbar, MujirinM Yamin.

“Saya sudah ambil keputusan,untuk ikut dan mencalonkan diri diPemilukada Polman 2013 sebagaicalon bupati,” ungkap Mujirin kepa-da Radar Sulbar di Kompleks KantorGubernur Sulbar, Senin 31 Januari.

Keputusan ini, kata Mujirin, di-dasarkan pada permintaan dari kel-ompok masyarakat yang memintan-ya maju sebagai kepala daerah. Per-mintaan tersebut tidak hanya datangdari tokoh masyarakat, tapi tokohpolitik.

Mujirin juga menyatakan sudahmendapat restu dari Gubernur Sul-bar Anwar Adnan Saleh dan WakilGubernur Sulbar Aladin S Mengga."Bagaimanapun beliau adalah atasansaya sehingga harus mendapat izindan restu," jelas Mujirin.

Ia mengungkapkan, dirinya mera-sa terpanggil untuk membangkitkankembali Polman yang selama ini sep-erti tertidur. "Saya melihat banyakyang tertidur. Termasuk Indeks Pem-bangunan Manusianya. Bukan be-rarti tidak ada kemajuan, tapi diband-ing harapan, kemajuan masyarakatitu belum memenuhi," jelasnya.

Mujirin Siap Maju di Pemilukada Polman

JAKARTA -- Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Par-tai Demokrat, H Ilham Arif Sirajuddin (IAS) yang juga Walikota Makassar menemui ketua Umum Partai Hati NuraniRakyat (Hanura) H Purn Wiranto. Bocoran ini disampaikankader partai Hanura yang juga duduk sebagai anggota DPRasal Sulawesi Selatan ini

"Pak Ilham dijadwalkan menemui Pak Wiranto sore ini,"demikian keterangan yang diperoleh dari anggota DPR asalHanura yang terkenal vokal ini, di Senayan Jakarta, Seninkemarin.

Ditanya soal inti pertemuan ini, Akbar berkilah jika IASmemang akrab dengan Wiranto. "Pak Ilham kan dekat den-gan Pak Wiranto," singkatnya.

Besar dugaan jika IAS melakukan lobi politik dengan Ke-tum Hanura. IAS sendiri hampir dipastikan maju dalam salahsatu kandidat memperebutkan kursi nomor wahid di Sulawe-si Selatan yakni Gubernur.

Itu terlihat, dalam rutinitas ketua Demokrat Sulsel tersebutberkunjung ke daerah-daerah di Sulsel untuk bersosialisasi.Selain itu setiap pidato maupun sambutan IAS seringkalimeminta doa dan restu untuk maju dalam pemilihan Guber-nur awal 2013 mendatang.

Humas partai Demokrat Sulsel yang berusaha dihubungitelepon selularnya masih gagal dengan nada tidak aktif. (fat)

TAPTENG -- Upaya mendatang-kan artis-artis nasional seperti MayaWulan alias Kanjeng Mami, IrfanHakim, Nadine Chandrawinata,Tukul Arwana dan kemungkinan AyuTin Ting, merupakan sebuah strate-gi untuk meningkatkan perhatianpemerintah pusat demi menggenjotpembangunan di Tapteng.

“Banyak tudingan miring yangdatang dari kelompok masyarakatakibat banyaknya kegiatan diTapteng, termasuk kedatangan artis-

EDITOR: MAHBUB AMIRUDDIN

Dalam beberapa kunjungan den-gan masyarakat, masyarakat membu-tuhkan adanya perubahan di beber-apa bidang di Polman. "Masyakatmembutuhkan perubahan. Tapi sayalebih mengistilahkan bangkit bersa-ma rakyat," kata Mujirin.

Ia juga mengungkapkan, calonbupati Polman tidak boleh berniatmenjadi orang kaya. Itu karenamasyarakat butuh pemimpin yangmembawa perubahan tidak sekadarmenjadi kaya.

"Kalau mau jadi bupati di Polmanjangan jadi orang kaya, karena Andaakan gagal. Semua aspek kehidupanuntuk rakyat bukan untuk pejabat-nya," sebut pria yang punya pengala-man menjadi Plt Bupati Polman diperiode Juli 2008 hingga Januari2009.

Mujirin juga menyatakan, belummembentuk tim pemenangan secararesmi tetapi di masyarakat telahmenggejala simpatisan yang secarasukarela ingin membantu dalam per-

juangan. Dalam tiga bulan ke depan,dirinya akan terus gencar melaku-kan sosialisasi.

Meski berprestasi dalam men-ingkatkan Pendapatan Asli Daerah(PAD) Sulbar, tapi tokoh pejuangpembentukan Sulbar ini mengakubelum maksimal memberikan peng-abdian kepada daerah. “Maju se-bagai bupati adalah panggilan jiwauntuk menuntaskan pengabdian ke-pada masyarakat.

(**)

RADAR/ MUHAMMAD ILHAMKOMUNIKASI. Figur calon Bupati Polman Mujirin M Yamin, membangun komunikasi politik dengan Ketua PDK Sulbar H Arifin Nurdin,Selasa 31 Januari 2011.

Genjot Pembangunan, Bonaran Datangkan Artisartis nasional. Mereka menudingsaya bersama Pemkab saat ini lebihsuka berfoya-foya dengan melaksan-akan kegiatan seremonial. Padahaltidak sama sekali. Maksud menda-tangkan para artis ini untuk menarikperhatian pemerintah pusat ter-hadap ketertinggalan pembangunanyang selama ini terjadi di Tapteng,”ujar Bupati Tapteng Bonaran Situ-meang seperti diberitakan MetroTapanuli (Grup JPNN).

Dijelaskannya, dulu jarang sekali

pemerintah pusat maupunmasyarakat luar provinsi yang kenaldengan Tapteng. Tapi sejak seringmuncul di televisi, semua matasekarang tertuju ke Tapteng yangmemiliki potensi wisata yang luarbiasa.

“Inilah yang sebenarnya tujuankami mendatangkan artis-artis terse-but,” tegasnya.

Ditambahkan Bonaran, dengandatangnya Meutia Hatta selaku Wa-timpres ke air terjun Pulau Mursalayang kemudian dilanjutkan dengankedatangan Kanjeng Mami dan Ir-fan Hakim dari Tamu Gokil, lalu kun-jungan Pangkohanudnas, seakanmembuka mata dunia bahwa ada airterjun unik serta terindah di dunia,karena berada di tengah lautan.

“Kedatangan Nadine Chandraw-inata nantinya kita rencanakan akanmemperkenalkan keindahan pan-orama terumbu karang di dalam lautkita, yang ternyata tak kalah denganpotensi daerah terkenal lainnya sep-erti Bunaken dan Raja Ampat. Se-mentara kedatangan Tukul nantin-ya akan kita bawa ke Batu Lubangsupaya nantinya pemerintah pusatmemberikan perhatian ke BatuLubang yang saat ini kondisinyamaupun jalannya rusak parah,”

tukasnya.“Momen-momen ini merupakan

strategi kami untuk mengetuk per-hatian para pejabat berwenang dipusat sekaligus wisatawan. Denganseringnya dimuat oleh artis, pejabat-pejabat di pusat akan gerah karenapekerjaan mereka di Tapteng yangkurang baik disaksikan seluruh war-ga Indonesia. Sehingga mau tak maumereka akan memperbaiki ataumemberikan perhatian lebih keTapteng,” tambahnya.

Bupati berharap program-pro-gram pembangunan yang diacanangkan dan akan dilaksanakansemestinya mendapatkan dukunganpenuh dari elemen masyarakatTapteng.

“Karena tanpa adanya dukungandan partisipasi peran aktifmasyarakat untuk membantu kamipemerintah, mustahil cita-cita kitayang ingin mewujudkan masyarakatTapteng sejahtera, makmur dan ber-martabat akan tercapai. Oleh karenaitu saya mengharapkan dukungansemua pihak untuk menjalankanroda pembangunan di Tapteng.Karena jika tidak, maka maksud dantujuan saya datang dari Jakarta sertamencalonkan sebagai bupati di siniakan sia-sia,” pungkasnya. (ahu)

IAS Temui Wiranto

JAKARTA -- Beginilah jadinya jika pejabat yang tersangkutkasus hukum. Meskipun sudah hampir dua tahun ditetapkantersangka, namun hingga saat ini belum juga diperiksa. Ala-sannya, karena "kelambanan" Presiden Susilo Bambang Yud-hoyono (SBY) yang menerbitkan surat izin pemeriksaan.

Tuntutan itulah yang membuat Kuasa Hukum GassingDaeng Kulle, Syahrir Cakkari mendatangi kantor SekretariatNegara (Setneg). Ia menuntut keadilan karena kliennya sudahdiproses hukum lantaran membuat ijazah palsu, sem*ntaraBupati Gowa, Ichsan Yasin Limpo (IYL) yang menggunakanijazah palsu belum tersentuh karena terkendala izin.

“Ini kan tidak adil. Kenapa si pembuatnya saja yang dijadi-kan tersangka dan diperiksa. sem*ntara si pengguna, yaituBupati Gowa saat ini, meski sudah dijadikan tersangka tapibelum juga diperiksa karena belum turunnya surat izin dariPresiden SBY,” kata Syahrir kepada wartawan seusai menda-tangi kantor Setneg di Jakarta, Selasa 31 Januari.

Syahrir menjelaskan permohonan izin pemeriksaan IYLsudah diajukan SBY oleh Mabes Polri sejak 2010. "“Kedatan-gan kami ke Setneg adalah untuk menanyakan tentang suratizin dari Bapak Presiden SBY untuk melakukan pemeriksaanterhadap Bupati Gowa. Karena sudah hampir dua tahun sejaksurat permohonan izin pemeriksaan yang diajukan pihakMabes Polri, sampai hari ini izin itu belum juga diturunkan,"katanya.

Karenanya, Syahrir meminta SBY bertindak bijaksana den-gan segera mengeluarkan izin pemeriksaan terhadap IYL agarhukum dapat ditegakkan. "Tidak hanya berlaku bagi rakyatjelata seperti klien saya,” tandasnya.

Kasus dugaan penggunaan ijazah palsu IYL mencuat sete-lah Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 27Makassar -dahulu SMP Negeri Jongaya-, Neny Aspirin Tham-rin memberikan pernyataan jika IYL tidak pernah menamat-kan pendidikannya di SMP Negeri 27 Makassar pada TahunAjaran (TA) 1975/1976.

Kesaksian Neny dilakukan di atas kertas bermaterai dandiperkuat Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar Mah-mud BM jika IYL tidak pernah menamatkan pendidikannya.

Surat itu berisi pernyataan bahwa nama IYL tidak terdaftardalam peserta ujian di SMP Jongaya tahun 1976. Surat ber-nomor 4221/VI/SMP 27/2010 tertanggal 7 Juni 2010 ini jugaditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Makassar MahmudBM. Surat dilengkapi dengan stempel SMPN 27 dan DinasPendidikan Kota Makassar. Nomor stambuk yang dimaksud-kan 1191 adalah milik salah seorang siswa yang terdaftar saatitu adalah Abdul Rahman kelahiran Sapaya, Gowa yang sudahmeninggal dan bukan atas nama IYL. (jpnn)

SBY Didesak Terbitkan IzinPemeriksaan Bupati Gowa

Soal Kasus Ijazah Palsu

Radar Sulbar - [PDF Document] (6)

warningSemua isi artikel/tulisan yang berasal dari luar, sepe-

nuhnya tanggung jawab penulis yang bersangkutan

Pengirim naskah artikel/opini/SdP harus melampirkan fotocopy identitas dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Tulisanditerima dalam bentuk flash disk/disket. naskah tulisan/opiniminimal 4 halaman.

IKLAN MUNGIL IKLAN MUNGIL IKLAN MUNGIL IKLAN MUNGIL IKLAN MUNGIL IKLAN MUNGIL IKLAN MUNGIL IKLAN MUNGIL IKLAN MUNGILRADAR SULBAR

Office: Jl. Dr. Ratulangi No.3Pekkabata Polewali Mandar Sulbar

Telp: 0428-22284E-mail: [emailprotected]

KACUNG MARIJAN

Tajuk

oleh

Artikel dapat dikirim via email:[emailprotected]

LOWONGAN KERJASebuah Perusahaan yang tergabung dalam "CMOGROUP" mengadakan ekspansi untuk membukalowongan KANTOR WILAYAH di SULAWESIBARAT membutuhkan segera Karyawan - karya-wati untuk posisi sebagai berikut :1. Kepala Kantor Wilayah (KKW)2. Pimpinan Cabang (PC)3. Staf Keuangan (SK)4. Kasir (KS)5. Staf Logistik (SL)Dengan klasifikasi sbb :- Untuk posisi No. 1 Pendidikan Minimal

Sarjana Muda- Untuk posisi No. 2 s/d No. 5 Pendidikan

minimal SMU Sederajat- Cantumkan Kode Job Jabatan disebelah kiri

Amplop LamaranDengan menyertakan :1. Fc. Ijazah Terakhir2. Surat Lamaran Kerja3. Daftar Riwayat Hidup singkat4. Fc. Kartu Tanda Penduduk (KTP)5. 3 Lembar Foto Ukuran 3 x 4, & 2 Lembar 2 x 36. Surat keterangan lain yang dapat mendukung.Lamaran di antar langsung kepada bagian personalia "

CMO GROUP"Alamat Jl. H. Andi Dai No. 23 Mamuju (HOTEL

MARANNU GOLDEN HOTEL)Paling lambat 1 (satu) Minggu setelah iklan ini terbit.

Guru Besar Ilmu Politik UniversitasAirlangga (Unair), Surabaya, Jawa Timur

6 Opini RADAR SULBARRabu,1 Februari 2012

HUKUM dibuat untuk memberi rasa keadilan ke-pada masyarakat, menyediakan ruang keteraturan agarkita tetap berjalan dalam koridornya. Alm BaharuddinLopa pernah berpesan, sekalipun esok langit akan run-tuh, tetapi hukum harus tetap ditegakkan hari ini.

Pesan Baharuddin Lopa ini menegaskan bahwahukum sangatlah penting untuk dijalankan, tanpamemandang jabatan, status dan dari mana orang ituberasal. Atas alasan inilah pula penegakan hukum di-masukkan sebagai salah satu pilar dalam berdemokra-si.

Untuk berdemokrasi kita butuh aparat penegak hu-kum yang profesional dan bermental tangguh ataumemiliki integritas moral terpuji. Hal ini harusdibarengi dengan kesadaran hukum masyarakat yangmemungkinkan dilaksanakannya penegakan hukum.

Bagaimana pelaksanaan penegakan hukum di Sul-bar? Kasus yang membelit 24 mantan anggota DPRDMamasa periode 2004-2009 (seorang sudah mening-gal) adalah bukti sahih hukum tidak ditegakkan secarautuh, dan hanya digunakan dalam kesempatan terten-tu saja.

Salah satu terpidana yang harusnya mendekamdalam penjara adalah mantan Bupati Mamasa Obed-nego Depparinding. Hal ini sesuai dengan bunyi pu-tusan kasasi Mahkamah Agung (MA) yang menghu-kum 24 terpidana dengan hukuman penjara selama20 bulan.

Tapi hingga putusan Peninjauan Kembali (PK) tu-run dan mengabulkan permohonan terpidana, Obedtetap berada di luar sel. Putusan yang mengabulkanpermohonan PK Obed Cs adalah PK no 186 PK/PID.SUS/2011 tanggal 18 Januari 2012.

Menjadi tidak adil karena dari 24 terpidana terse-but 12 di antaranya mendekam di dalam penjara sam-bil menunggu putusan. Bahkan ada beberapa terpi-dana yang harus digerebek hingga Makassar untukmemasukkannya ke penjara.

Bila memang Kejari Polewali ingin berbuat adil danmembuat citra positif, maka seharusnya serius menge-jar Obed dan tidak sekadar berani memasukkannyadalam status buron. Yang terjadi justru ada kesan, Ke-jari sengaja mengulur penahanan sambil menunggukeluarnya putusan PK.

Kejari Polewali baru kembali menegakkan hukumketika menindaklanjuti putusan PK MA no 186 PK/PID.SUS/2011 yang membebaskan Obed Cs. Inilahyang dimaksud penegakan dilakukan hanya pada saattertentu, tapi di saat lain penegakan hukum diabai-kan.

Kita berharap apa yang dipertontonkan Kejari Pole-wali tidak menjadi buku panduan bagi Kejari lain diSulbar. Sebab jika Kejari lain meniru maka akan se-makin menurunkan citra kejari yang selama ini me-mang terus-terusan negatif. (**)

Citra Buruk Kejari Polewali

Bagaimanakah masa depan PartaiDemokrat (PD)? Bisakah partai ini terusmenuai dukungan sebagaimana pemilu2004 dan 2009, ataukah justru mengalamikemunduran?

Ada sejumlah alasan mengapa pertan-yaan-pertanyaan demikian muncul. Perta-ma, PD selama ini sangat lekat dengan prib-adi Presiden SBY. Perolehan suara yang be-rarti pada dua pemilu lalu tidak lepas daripribadi SBY. Masalahnya, pada pemilu yangakan datang SBY tidak bisa mencalonkan lagisebagai presiden. Kedua, sejak 2004 PD jugalekat berpredikat sebagai partai penguasa.Apa yang terjadi pada pemerintahan, den-gan demikian, memiliki pengaruh terhadapkeberlangsungannya. Menjelang pemilu2009 terdapat persepsi bahwa pemerintah-an SBY memiliki kinerja yang cukup baik.

Masalahnya, persepsi demikian belakan-gan mengalami penurunan. Ketiga, dalambulan-bulan terakhir, sejumlah elite PDsering terlihat dalam kasus korupsi. Yangmengemuka adalah kasus Nazaruddin. BaikNazar maupun terdakwa lain, dan sejumlahsaksi yang dihadirkan, menyebut keterliba-tan sejumlah orang penting PD di dalamkasus yang dihadapi. Persepsi bahwa PDmerupakan partai yang bersih, antikorupsi,jelas mengalami perubahan setelah muncul-nya kasus ini.Triple Linkage

Bagi para penganut pendekatan pilihanpublik, upaya mempertahankan partai yangberkuasa itu lebih sederhana jika diband-ingkan dengan partai oposisi. Ketika pemer-intahan memiliki kinerja yang baik, parapemilih itu akan sertamerta memilihnya

Masa Depan Demokratkembali. Kinerja itu biasan-ya diukur dari sejumlah in-dikator, seperti pertumbu-han ekonomi, menurunnyaangka pengangguran danangka kemiskinan.

Kalau mendasarkan padapatokan angka-angka makro,pemerintahan SBY memili-ki prestasi yang bermakna.GDP mengalami pertumbu-han yang sangat berarti. Itusebabnya belakangan Indo-nesia menjadi satu dari 20negara yang memiliki kekua-tan ekonomi besar. Selainitu, angka pengangguran dankemiskinan juga mengalamipenurunan. Namun, angka-angka makro semacam ituada yang mempertanyakan-nya. Para pengkritik melihatbahwa GDP yang besar itubelum membumi karena leb-ih banyak dinikmati olehsekelompok kecil orang.

Bahkan, terhadap angka-angka makro itu sendiri jugaada yang mempertanyakan-nya. Bagi para pengkritik,pemerintahan SBY dipan-dang tidak memiliki presta-si. Argumentasi parapengkritik itu debatable me-mang. Bagaimanapun, ang-ka-angka makro itu merupa-kan agregat dari angka-ang-ka mikro. Tetapi itulah pan-dangan, bisa berbeda. Leb-ih-lebih yang berpandanganitu juga tidak lepas dari ke-pentingan-kepentingan.Perbedaan demikian tidaksemata-mata didasarkanpada argumentasi metodol-ogis, melainkan juga tidaklepas dari persepsi yang sub-yektif.

Selain itu, sejak awal jaba-tan kedua, pemerintahanSBY mengalami cobaan

yang sangat berarti. Yangterhebat adalah guncangandalam kasus Bank Century.Secara hukum, baik SBYmaupun orang-orang dekat-nya belum terbukti terlibat.Namun, kasus ini telahmenjadikan sebagianmasyarakat bepersepsi bah-wa kasus Bank Century te-lah menyeret pemerintah-an SBY. Itulah sebabnya, set-elah kasus Bank Century itumuncul, persepsi tingkatdukungan masyarakat ter-hadap pemerintahan SBYmengalami penurunan.Masalahnya bukan pada be-nar tidaknya pemerintahanSBY terlibat dalam kasus itu.

Pemberitaan media, sedi-kit atau tidak, telah terbing-kai dalam suatu pandanganbahwa pemerintahan SBYterseret dalam kasus itu. Disini, terlepas dari pemerin-tah itu benar atau tidak, pe-merintah telah diposisikan“bersalah”. Kasus Nazarud-din telah membuat pemer-intahan SBY dikait-kaitkandengan kasus penyalah-gunaan kekuasaan. Pertama,kasus ini terjadi di kement-erian di mana menterinyamerupakan kader PD. Ked-ua, di antara aktor utamayang dijerat sebagai terdak-wa adalah mantan benda-hara PD. Kasus Nazaruddinmemang belum selesai, danbisa jadi akan terusberkembang.

Sejauh ini baru Nazarsendiri sebagai kader partaiyang dinyatakan sebagai ter-sangka dan terdakwa. Na-mun, kasus ini telah mem-buat PD terseret-seret kare-na sejumlah orang kunci diPD dianggap terlibat. Bah-

kan, harta perusahaan Naz-ar yang dianggap ber-masalah itu dikait-kaitkanjuga dengan pelaksanaankongres di Bandung. Walha-sil, PD belakangan ini acapdikait-kaitkan dengan tigamasalah. Pertama, berkaitandengan pemerintahan SBYyang oleh sejumlah pengkri-tiknya dianggap ber-masalah. Kedua, berkaitandengan kasus Bank Centu-ry. Ketiga, berkaitan dengankasus wisma atlet yang mel-ibatkan Nazar.Kompleks

Apakah dengan demiki-an PD akan mengalami ket-erpurukan? Jawaban daripertanyaan ini tentu sajatidak linier begitu saja.Mengingat masalah yangdikaitkan dengan PD inicukup kompleks, untuk me-mahami apakah pada pemi-lu yang akan datang PD jugaakan mengalami penurunanjuga harus mempertimbang-kan banyak faktor. Pertama,jarak pemilu masih cukuplama.

Dalam jarak demikian,masih banyak hal yang bisaterjadi. Ketika dalam tahun-tahun terakhir ini pemerin-tahan SBY mengalami per-baikan kinerja, distrust ter-hadap SBY dan PD tidakakan merosot sebagaimanabulan-bulan terakhir ini.Bahkan, tidak menutup ke-mungkinan akan memilikipeluang titik balik. Hal sep-erti ini terjadi pada awal-awal pemerintahan SBYJK.Ketika pemerintahan SBYJKmenaikkan harga BBM, dis-trust terhadap pemerintah-an SBY-JK mengalamikenaikan. Tetapi distrust

demikian mengalami penu-runan seiring dengan ke-mampuan pemerintahanSBY-JK di dalam memper-baiki kinerjanya.

Kedua, berkaitan den-gan proses hukum yangmelibatkan kader PD,khususnya dalam kasuswisma atlet. Semakin ber-larut-larut prosespenyelesaiannya,semakinberdampak negatif ter-hadap PD. Proses situ me-mang juga sangat tergan-tung pada terbukti tidakn-ya secara hukum kaderkad-er lain di luar Nazar. Ketikakader-kader lain yang sela-ma ini sering disebut-sebutjuga dianggapbersalah,semakin menderaPD. Hanya manakala pros-es hukum itu berlangsungsecara cepat, PD masihmemiliki peluang melaku-kan pemulihan. Selain itu,kondisi dari partai- partailain juga berpengaruh.

Sejauh ini PD masihrelatif beruntung karenapartai-partai lain tidak jauhlebih baik kalau dibanding-kan dengan PD.Partai- par-tai lain, dalam taraf terten-tu, juga didera permasala-han. Di antara kader-kad-ernya juga tidak sedikityang terlibat kasus korupsi.Meskipun demikian, apayang terjadi sekarang inimerupakan lampu kuningbagi PD di dalam mengh-adapi pemilu yang akandatang.Ketika gagal meng-hadapi permasalahan yangdidera, kemungkinan akanmengalami peristiwa se-bagaimana yang dialamiPDIP pada pemilu 2004.

(net)

Radar SulbarPertama & Terbesar di Sulawesi Barat

Mau Pasang IKLAN

Website

KoranATAU

HUBUNGI

081 241 843 180

KESEMPATAN BERKARIRMultifinance yang telah Go Publik dengan pengalaman lebih dari 30 tahundan memiliki lebih dari 130 Cabang di seluruh indonesia membuka kesem-patan bagi anda yang memiliki motivasi kerja tinggi, ulet, dan gigih untukmenempati posisi sebagai :

Kualifikasi :- Pendidikan Minimal D3 (khusus AE minimal SMU)- Berpenampilan menarik (pria/wanita)- Leadership, Berjiwa marketing, Komunikatif, Ulet, Energik dan inisiatif- Memiliki SIM (C/A) Aktif ((ME,AE,FC)- Menyerahkan CV (Daftar Riwayat Hidup) FC KTP, FC Ijasah dan transkrip nilai terakhir,- Pas Photo 3x4 = 2 Lembar. Bersedia di tempatkan di daerah SULAWESI BARAT

Lamaran beserta CV dikirim ke :PT. BFI Finance Indonesia, Tbk.Jl. Abd Wahab Azasi No. 44Tlp. 0426-2323899 / Hp 085 255 606 232Mamuju - Sulawesi Barat 91511(To : Adi Zuhrah L - HRD)

SURVEYOR MOBIL (ME)SURVEYOR MOTOR (AE)FIELD COLLECTOR (FC)OPERASIONAL STAFF (ADM)

Radar Sulbar - [PDF Document] (7)

RADAR SULBARRabu, 1 Februari 2012 7sambungan

LANJUTAN HALAMAN 1

LANJUTAN HALAMAN 1

LANJUTAN HALAMAN 1

LANJUTAN HALAMAN 1

Kantor Bupati Bobol

Pencuri yang ditaksir berjum-lah lebih dari satu orangtersebut diduga masuk ke Kan-tor Bupati dengan cara men-congkel jendela ruangan Bagi-an Bina Program.

Di Bagian Ekonomi terda-pat empat unit laptop berha-sil dibawa kabur, di ruanganBagian Hukum satu unit lap-top merk Toshiba juga raib.sem*ntara barang yang hi-lang di Bagian Umum danPerlengkapan yaitu tiga unitlaptop, mesin ketik satu unit,VCD satu unit dan infokusatau proyektor satu unit.

Ruangan Asisten III

Bidang Administrasi juga takluput dari incaran maling.Namun di ruangan tersebuthanya satu unit laptop yangdilaporkan hilang. sem*nta-ra di ruangan Unit LayananPengadaan (ULP) dua unitlaptop, satu unit CPU dan satuunit Box kamera pengintai(CCTV) juga digasak pelaku.

"Yang diketahui hilangsaat ini cuma barang-barangelektronik karena itu yang se-cara nyata tidak berada ditempatnya. sem*ntara untukdokumen lainnya belum dike-tahui karena belum diperiksasecara detail," kata Kepala

Bagian Ekonomi PemkabMamuju, Yusri Muis, di ruangkerjanya, Selasa 31 Januari.

Satuan Polisi PamongPraja (Satpol-PP) Mamujuyang berjaga saat kejadianhanya berjumlah enam orangkarena lima orang lainnyatidak hadir.

Namun, posisi penjagaanyang dilakukan Satpol-PPhanya berada di pintu masukdan keluar saja, sem*ntaradiduga pelaku masuk melaluibelakang gedung Kantor Bu-pati Mamuju.

Terpisah, Wakapolres Ma-muju, Kompol Sajaruddin,

mengatakan, hingga saat inipihaknya masih elakukanporses lidik.

Tim identifikasi telah dik-erahkan untuk melakukanolah Tempat Kejadian Perka-ra (TKP). Termasuk me-masang police lines dibeber-apa ruangan yang menjaditepat kejahatan terjadi.

"Termasuk melakukan pe-meriksaan sidik jari pelakukarena dibeberapa tempatditemukan adanya sidik jari.Olehnya, tim kami sedangbekerja melakukan penyelid-ikan termasuk telah mengam-bil keterangan dari sejumlah

saksi," ujarnya.Anggota Komisi I Bidang

Pemerintahan DPRD Mamu-ju, Hasanuddin Sailon, sangatmenyayangkan kejadiantersebut.

Kepala Satpol PP dianggappaling bertanggungjawab atasketidakdisiplinan anggotanyasehingga terjadi musibahyang merugikan Pemkab Ma-muju.

"Harus dilakukan evaluasiterhadap Satpol PP. Kejadianitu, bukan hanya menjaditanggungjawab bawahan tapijuga pimpinan," terangnya.

(rp1/mba)

Sekilas Sejarah Pasar TinambungMereka mendirikan rumahtoko di sekitar pasar. Misaln-ya H. Sattari dari Karama, H.Ta’bua dari Karama, H. TonaPua’ Boraima dari Karumban-nang, H. Kennong dari Ga-lung Lombok, H. Tammu dariTandung, H. Abdul RahmanKaco Tona, H. Usman danlain-lainnya. Mereka berda-gang kopra, komoditas perke-bunan paling dominan kalaitu, dan barang dagangan lain.

Berkat adanya pasar,Tinambung cepatberkembang. Seiring aktivitaspara pedagang dan pembeli,di sekitar pasar muncul satu-satu warung makan atauwarung kopi. Warung nasipaling terkenal milik H. Dahl-an dari Jawa Timur.

Di Kampung Sepang (yangsaat ini penduduknya men-dominasi aktivitas di “kan-dang”, khususnya sebagai“karaneq”) juga telah banyakrumah. Tinambung juga, te-lah ada ratusan rumah,khususnya kawasan Calo-calo(pinggir sungai). Pendudukn-ya dominan sebagai nelayan.Adapun kawasan di kaki bukitSallombo (sekitar rumah sayasekarang ini) hingga kaki bu-kit Ciping masih kosong.

Nanti pada tahun 1935mulai datang pedagang berd-arah Cina untuk kemudianmembuat toko di sekitar PasarTinambung. Mereka adalahBaba Guru, Abon (pengusahamobil angkutan), Baba Pa-kolong (dipanggil demikiansebab dia pembeli kulit “pa-kolong” sapi, kerbau dan ka-

mbing), King Kiu, AncePendek, Nona Beau (pembelikemiri yang dalam bahasaMandar disebut “beau”),Baba Beang, Ahao, dan PuangGiok yang kemudian lebihdikenal dengan panggilanAnnangguru Hakim sebab diamualaf dan menjadi muridpaling dengan dengan K. H.Muhammad Shaleh. Dia se-orang tukang emas.

Pasar Tinambung adalahkompleks jual beli yang terdi-ri dari beberapa bagian. Dibagian tengah adalah ka-wasan yang tidak dihuni (bu-kan ruko). Isinya sebagianbesar lapak-lapak tak per-manen. Komoditas yang dida-gangkan seperti baju (bila haripasar), sandal, alat-alat rumahtangga, kebutuhan sehari-hari, rempah-rempah, bendatajam (khusus hari pasar),tembakau “bakal”, tukang ja-hit, poster, VCD, warung, danlain-lain.

Di sekelilingnya ada tokodan ruko. Di sisi barat atauberbatasan dengan jalan transSulawesi, adalah jejeran toko.Sedang di sisi selatan dantimurnya (berseberangandengan Mesjid Raya Al Hur-riyah Tinambung) berupabarisan ruko. Bagian inilahyang pernah terbakar padatahun 80-an.

Beberapa bagian di dalamPasar Tinambung ada ban-gunan permanen, yaitu los.Pedagang setempat kadangmenyebutnya ‘inpres’ sebabbangunan itu dibangun padatahun 80an atas instruksi

presiden. Konstruksi los sed-erhana saja, bagian bawah(tinggi lebih semeter) adasemacam ruang penyimpan-an, bagian atas agak luas, leb-ih luas lapangan bulutangkis.Dulu, waktu saya masih kecil,biasa “mammaling” di situ.Nanti hari pasar bagian ataslos terbagi-bagi.

Pada hari pasar, los bagi-an utara kebanyakan diisipenjual baju, selatan barangpecah belah. Los bagian bar-at hampir semuanya diberidinding. Lorong di los bagianbarat ditempati tukang jahit.

Bagian utara ada jalanyang bila hari pasar di situdiisi penjual komoditas per-tanian dan perlengkapan ru-mah tangga. Pada hari biasa,menjadi ‘kandang bendi’ atautempat mangkalnya dokar. Diseberang jalan (masih sisi ut-ara) adalah ruko atau rumahpenduduk yang tidak berak-tivitas dagang.

Di sisi selatan atau di se-berang pasar adalah pasarikan dan beberapa rumahpenduduk. Kawasan ini, duludi tahun 30an, tempat perta-ma didirikannya cikal bakalMesjid Tinambung untuk ke-mudian pindah ke tempatsekarang. Juga, di pasar ikansekarang ini, pernah adasekolah rakyat yang menjadibagian SD 001/002.

Juga di seberang barat(atau setelah jalan trans Su-lawesi) terdapat rumah pen-duduk dan satu dua ruko. Dibelakangnya perkampunganSepang. Di sekitar pasar,

khususnya bagian utara ataudi sekitar lampu merah (pe-rempatan) baik ke arah Alumaupun ke arah Polewali adabanyak ruko.

Itulah Pasar Tinambungdalam lingkup besar yangpadanya ada bagian tak terp-isahkan, yaitu “kandang”.“Kandang” jangan dimaknaiseperti kandang kambingatau kandang hewan. Bila di-Indonesiakan, kira-kiraartinya terminal tapi tidaksebagaimana defenisi umumsebab lebih dekat ke istilahpangkalan, baik pangkalanpete-pete, bendi, becak danojek. Jadi, “kandang” tidakseperti terminal modernpada umumnya.

Nah, yang berpindah ak-tivitas perdagangannya ad-alah para pedagang yanglapak kerjanya di bagian ten-gah pasar atau sekitar 50-60persen dari lingkup besarPasar Tinambung secara ke-seluruhan.

Sedangkan ruko atau pen-jual di sekitar pasar, mungkinada yang membangun rukodi kompleks Pasar Talolo mu-ngkin juga tidak sebab itu ter-gantung pada modal atautempat yang tersedia.

Pasar Tinambung menja-di bagian dari budaya dan di-namika masyarakat Tinam-bung. Pemindahannya pastiberdampak terhadapmasyarakat setempat, khusus-nya akan mengubah pola ataukebiasaan jual-beli. Pasarlama tempatnya amat strate-gis. Masalahnya, keramaian-

nya memberi dampak macetpada jalan.

Berbeda dengan pasarbaru atau Pasar Talolo, walaujaraknya tak begitu jauh (di-tarik garis lurus mungkin se-kitar 1km saja), berada di ba-lik bukit, relatif jauh dari uratnadi lalu lintas.

Pasar Talolo atau PasarTinambung yang baru me-mang luas. Setidaknya dua kalilipat lebih luas daripada PasarTinambung (lama). Yangmenjadi masalah, akses kePasar Talolo. Ya, ada banyakjalan untuk ke Pasar Talolo.Ada dari kota Tinambung,dari arah 'dalam' ada dua (le-wat Lekopa'dis atau lewatpembelokan di Lemosusu),ada juga dari arah Tammejar-ra, tapi jalurnya sempit danberbahaya bagi yang tak biasamelintas.

Tapi dari jalan utama ataujalan trans Sulawesi, memangjuga banyak, tapi pada akhirn-ya menjadi satu juga, yaitu didekat 'tower' telepon seluler diTinggas-tinggas.

Untuk ke Pasar Talolo daripusat kota Tinambungsetidaknya ada tiga jalan (bisamenjadi lima bila memperhi-tungkan sisi timur lapanganTinambung dan dari Kande-meng), tapi jalurnya sempitdan melalui rumah-rumahpenduduk. Ini hampir miripdengan suasana di Pasar Ma-jene, tapi di sana lebar jalanlebih luas.

Beda dengan jalan-jalan diTinggas-tinggas. (**)

Bebas, Arifin BasoJalan Kaki Lima km

"Kami bersyukur atas adanya putusan PK ini.Sejak ditahan di Rutan Mamasa, pak Arifin sudahberniat jika keluar akan berjalan kaki ke rumah-nya di Malabo," ujar Ny Arifin ketika dihubungiSelasa siang 31 Januari. Berbeda dengan rekan-nya, Amos Pabundu yang ditahan di Lapas KelasII Polewali juga sumringah. Berada di penjara se-lama 6 bulan 3 hari menjadi pelajaran pentingdalam hidupnya. "Saya bebas Senin malam seki-tar pukul 19.00 wita bersama Aco Mea Amri danSudirman dari Lapas Polewali.

Di dalam Lapas saya terus berdoa agar kamidiberi ketabahan, dan buktinya PK kami diteri-ma MA," ujar Amos.Setelah dirinya bebas dankembali berkumpul di keluarganya mengadakansyukuran kecil-kecilan dengan mengundang se-luruh anggota keluarga merayakan lepasnya darituntutan hukum. "Saya tegar menerima putusanvonis MA dan bergembira menerima putusanPK MA yang membebaskan kami. Ini harus diray-akan walaupun kecil-kecilan," ujar Amos.

Terkait putusan ini, dirinya bersama 11 te-mannya yang merasakan di penjara dari awalmenyatakan dikorbankan atas keputusan hukumdan sangat erat kaitannya situasi politik di Ma-masa.

Terpidana lainnya, Asdar Wahab juga men-gaku senang setelah mendengarkan rekan-rekan-nya telah dibebaskan. Asdar Wahab yang sempatmenjadi buronan Kejari Polewali mengaku akankembali menjalani aktivitasnya sebagai anggotaDPRD Mamasa. Walapun sempat tidak masukkantor beberapa bulan tetapi legislator PAN iniakan memaksimalkan perannya di DPRD Ma-masa hingga periode 2013 mendatang.

"Saya dan lima orang anggota dewan Mamasayang sempat terbelit kasus akan kembali men-jalankan aktivitas seperti biasanya sebagai wakilrakyat," tandas Asdar melalui pesan BlackBerryMessenger (BBM) yang dikirim ke Redaksi Ra-dar Sulbar, Selasa 31 Januari kemarin. (mkb)

Hari Ini Fitand Proper Tes

Kepala Dinas Perhubungan Sulbar ini menyata-kan, bahwa kelengkapan termasuk makalah, te-lah rampung jauh hari sebelumnya. "Kita sebagaicalon tentu sudah harus siap sebelumnya," lan-jut Ismail.

Meski demikian, ia juga tak lupa menyebutdua kandidat lain sebagai figur yang layak untukdiusulkan menjadi calon Sekprov. Termasuk ke-siapan keduanya mengikuti uji kelayakan.

Jadwal uji kelayakan juga disampaikan Ismail.Ia mengaku menerima informasi undangan dariperwakilan Sulbar di Jakarta. Namun Ismail be-lum dapat memberi kepastian apakah proses re-kruitmen Sekda ini berjalan sesuai agenda. "Ren-cana pukul dua siang. Kita tunggu saja info lanju-tan besok," paparnya.

sem*ntara itu, Kemendagri belum dapatmemberikan keterangan mengenai usulan Sek-prov Sulbar. Kepala Pusat Penerangan (Kapus-pen) Kemendagri, Reydonnizar Moenoek men-gaku masih harus melakukan konfirmasi men-genai informasi ini. "Saya mesti cek dulu," ujarn-ya. (rul/fmc)

LANJUTAN HALAMAN 1

12 Terpidana Mamasa Bebas

Sebelumnya, 12 mantan ang-gota DPRD Mamasa ditahandi tiga tempat berbeda. Di La-pas Kelas II Polewali ada AmosPabundu, Aco Mea Amri danH Sudirman. Tujuh lainnya diRutan Mamasa yaitu ArifinBaso, Elisabet, Darwin, Con-tantinus Claver, Mac Paoto-nan, Simson Kena dan Agusti-nus Lesseng. sem*ntara duaorang lainnya ditahan di La-

pas Kelas I Gunung SariMakassar yakni H Ridwandan Tangnga Paliwangan.

"Kami menerima pember-itahuan resmi dari PN Pole-wali, Senin kemarin jam 10pagi tapi petikan salinan asliPK baru kami terima Seninsore kemarin," ujar Kepala Ke-jaksaan (Kajari) Polewali, Sar-ing SH, kepada Radar Sulbar,Selasa 31 Januari.

Amar putusan PK nomor186 PK/PID.SUS/2011 tang-gal 18 Januari 2012, memuatempat poin penting. Pertamamenyatakan terpidana Obed-nego Depparinding dankawan-kawan tidak terbuktisecara sah dan menyakinkanmelakukan tindak pidana se-suai dengan dakwaan jaksapenuntut umum.

Kedua membebaskan ter-

pidana dari dakwaan primerdan subsidair. Ketiga memu-lihkan harkat dan martabatterpidana dan keempatbarang bukti berupa admin-istrasi tetap bersama berkasperkara dan barang buktipengembalian uang sebesarRp 286 juta dikembalikan kekas daerah.

"Setelah menerima sali-nan resmi putusan PK MA

kami wajib mengeluarkan ter-pidana. Senin kemarin seki-tar pukul 19.00 Wita tiga or-ang terpidana di Lapas Pole-wali sudah dikeluarkan. Se-dangkan tujuh orang di RutanMamasa sekitar pukul 22.00wita sudah dikeluarkan, se-mentara dua terpidana di La-pas Gunung Sari Makassarbaru dapat dibebaskan, Selasapagi," ujar Saring. (**)

JAKARTA -- Anggota Badan Kehormatan (BK)DPR RI, Salim Mengga meminta Anggota Bang-gar DPR Wa Ode Nurhayati (WON) untuk tetap'bernyanyi'.

Memperbaiki citra DPR RI, Salim menduku-ng WON mengungkap persekongkolan di BadanAnggaran DPR RI. "Saya minta Wa Ode buka se-mua. Silakan nyanyi, jangan mau sendiri," ucapSalim, Selasa 31 Januari.

Anggota Fraksi Demokrat ini berharapterkuaknya sejumlah masalah di Banggar DPRdapat memulihkan kepercayaan masyarakat yangkini makin menurun karena beberapa dugaanpelanggaran.

"Siapa pun nanti yang memang terbukti ter-libat di dalam Banggar, harus berani bertanggungjawab dan harus dibawa ke ranah hukum," cetusAnggota DPR Dapil Sulawesi barat ini.

Melalui kuasa hukumnya, Wa Ode mengakutak akan menyerah untuk membeberkan data-data korupsi di banggar DPR, termasuk dugaanketerlibatan empat pimpinan Banggar.

Seperti diketahui, WON telah ditetapkan se-bagai tersangka korupsi. Ia diduga telah meneri-ma suap sebesar untuk meloloskan anggaranproyek Percepatan Pembangunan InfrastrukturDaerah.

Mengenai status WON, BK belum mengam-bil langkah pemecatan. BK menunggu putusandari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yangkini telah menahan politisi PAN tersebut.

Karena itu, BK kemudian menonaktifkanWON sebagai anggota Banggar DPR. "Non aktifdulu. Mungkin dalam waktu dekat akan ada pu-tusan lagi. Kemarin itu baru penilaian KPK," uraiSalim.

Menurut Salim, sanksi terhadap politisi PANitu akan mengikuti proses hukum berlaku. "Ka-lau sudah ada putusan KPK, baru ada tindakanlagi," imbuhnya. (rul/fmc)

JAKARTA -- Serapat-rap-atnya petinggi PartaiDemokrat menutupi, gejolakinternal mereka akhirnya bo-cor ke publik. Ternyata dew-an pembina (wanbin) sudahmembahas kemungkinanmengganti Anas Urbanin-grum dari kursi ketua umumDemokrat. Bahkan, pem-bahasan sudah mencapaikandidat pengganti.

Rapat internal wanbin itudibocorkan oleh Adjeng Rat-na Suminar, salah seoranganggota wanbin. Rapat pent-ing tersebut diadakan 23 Jan-uari lalu, saat perayaan Imlek.Salah satu yang dibahas ad-alah alternatif nama-namayang bakal menggantikanAnas jika nanti terbukti terli-bat dalam kasus wisma atletdan Hambalang.

Adjeng menceritakan, se-kitar 20 anggota wanbin had-ir dalam rapat di Kemayoranyang dipimpin Wakil KetuaWanbin Partai DemokratMarzuki Alie. "Kita rapat pasImlek jam satu siang, kan kita

Salim Minta Wa Odetetap 'Bernyanyi' Dewan Pembina Bahas Pengganti Anas

sering rapat di sana," tuturAdjeng di gedung parlemen,Jakarta, kemarin.

Menurut perempuan yangduduk di komisi I itu, wajarjika rapat wanbin membahasposisi Anas yang terindikasibermasalah. Namun, tidakberarti rapat tersebut mem-bahas penggantian Anas.Wanbin Partai Demokratbaru mengambil keputusanitu jika sudah ada indikasiketerlibatan Anas. "Bagaima-na diganti atau tidak, kalausudah ada indikasi," ujarnya.

Adjeng mengungkapkan,rapat itu juga membahas al-ternatif nama pengganti Anasjika opsi pencopotan tersebutmuncul. Setidaknya tiga hing-ga empat nama muncul se-bagai alternatif penggantiAnas. "Ada dari dewan pem-bina, kepengurusan, ada dariluar dalam arti orang dekat,dan simpatisan yang bukankader," ujarnya tanpa menye-but siapa saja orang yang di-maksud.

Munculnya nama orang

luar, kata Adjeng, merupakanhal yang sah. Jika konteksnyauntuk penyelamatan partai,orang luar Demokrat justrubisa menjadi sosok netral un-tuk mengembalikan kondu-sivitas internal. "Kalau orangdalam, nanti berebut. Justruada bagusnya (orang luar,Red), lebih netral," jelasnya.

Usul nama-nama itu, jelasAdjeng, disampaikan ber-dasar pandangan internalwanbin. Dalam hal ini, hasilrapat tersebut sudah disam-paikan kepada Presiden Susi-lo Bambang Yudhoyono se-laku ketua wanbin. "Ya, dis-ampaikan. Karena kita rapatdulu, baru dilaporkan ke be-

liau," jelasnya. Adjeng menya-takan, siapa pun tidak bisa ter-lepas dari proses hukum. Jikananti ada yang terbukti terli-bat dalam kasus hukum, atu-ran internal Demokrat jelasbahwa siapa pun tidak bolehmenduduki jabatan partai."Siapa pun, bukan hanya PakAnas," tandasnya. (jpnn)

Presiden SBY dan Anas Urbaningrum

Radar Sulbar - [PDF Document] (8)

Selasa, 31 Januari 2012RADAR SULBAR8 Radar Polewali

RADAR/HUMAS

WABUP Polewali Mandar, Najamuddin Ibrahim didampingi Asisten Ekbang Hartini Azis dan Kepala BP4K2P pada rapatkoordinasi Dewan Ketahanan Pangan Polman, Selasa, 31 Januari 2012

BUPATI POLEWALI MANDAR, Ali Baal Masdar mengikuti pertemuan APKASI dengan DPD RI di Jakarta belum lama ini.

Rubrik Khusus Pemerintah Kabupaten Polewali MandarEKSEKUTIF

POLEWALI -- Kondisi ketahanan pan-gan yang ada di Polewali Mandar cukupmemprihatinkan. Meski setiap tahunnyaPolewali Mandar surplus akan beras, na-mun kenyataannya di lapangan, Polmantidak memiliki stok beras karena hasilpanen kebanyakan dibeli pedangan luardaerah.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Dis-perindag Polman, Kallang Marzuki, Sela-sa, 31 Januari pada rapat koordinasi Dew-an Ketahanan Pangan yang berlangsungdi Kantor Badan Penyuluhan Pertaniandan Ketahanan Pangan. Kallang Marzukimengungkapkan, setiap panen raya terja-di, dlihat banyak gabah yang melimpah.Tapi pedagang dari laur mampu membelidengan harga diatas harga yang telahditetapkan oleh pemerintah, sehingga pet-ani lebih memilih menjual keluar. Pada-hal, beras yang dikemas keluar kemudiandibawa kembali ke Polewali Mandar untukdijual ke masyarakat adalah hasil dari Pole-wali Mandar sendiri.

"Ini yang dibutuhkan regulasi bagaim-ana supaya beras tersebut bisa tinggal diPolman, sehingga pada saat masyarakatmembutuhkan, pemerintah punya stokuntuk bisa memenuhi kebutuhanmasyarakat," kata Kallang Marzuki.

Ia juga menyampaikan, perpadi yangpernah diberikan pinjaman modal untukbisa menjadi mitra pemerintah ternyatatidak bisa bekerja secara optimal karenaterkesana jalan sendiri dan juga menjualhasil produksi ke luar Polman. Untuk itu-lah dibutuhkan koordinasi dan keterpadu-an dari semua pihak khsususnya yang ter-gabung dalam Dewan Ketahanan Panganmerumuskan regulasi yang bisa membata-si penjualan beras ke luar daerah sehinggabisa meminimalisir permainan harga be-ras dari pihak luar.

Untuk mengatasi ketersediaan stokpangan tersebut, Dewan Ketahanan Pan-gana sangat penting untuk memiliki stokberas sehingga diusulkan agar mengalok-sikan anggaran untuk pemenuhan stoktersebut.

Wakil Bupati Polewali Mandar, Naja-muddin Ibrahim dalam kesempatan terse-but mengemukakan, kondisi ketahananpangan di Polewali Mandar cukup mem-perihatinkan. Disatu sisi, Polman dikata-kan surplus beras, namun kenyataannya,stok beras tidak ada.

"Memang sangat perlu duduk bersamauntuk merumuskan regulasi terkait ketah-anan pangan. Karena kondisi di lapangan,produksi beras sangat melimpah tapi ban-yak yang terjual keluar sehingga harga disi-ni menjadi tinggi. Untuk itu sangat diper-lukan adanya regulasi untuk menahan stokpangan.

Regulasi tersebut nantinya yang bisamengantisipasi pada setiap ancaman-an-caman yang bisa berakibat pada ketahan-an pangan karena hal tersebut sangat ber-pengaruh pada stok di Polman," tandasNajamuddin Ibrahim.

(afr/mkb)

POLEWALI -- Konsumsi dan keterse-dian pangan lokal khususnya beras dan ubikayu pada tahun 2011 mengalami surplus.Sesuai data yang Badan Penyuluh Perta-nian, Perikanan, Perkebunan, Kehutanandan Ketahanan Pangan (BP4K2P) produk-si beras pada tahun 2011 mencapai219,571 ton. Jumlah konsumsi mencapai87,5 kg per tahun per kapita. Sedangkanketersediaan sebesar 96,4 kg per tahun perkapita.

Hal ini diungkapkan Kepala BP4K2PPolewali Mandar, Abd Wahab saat rapatkoordinasi ketahanan pangan, Selasa, 31Januari kemarin. Selain beras, ketersedi-aan pangan akan ubi kayu juga mengalamisurplus pada tahun 2011 dimana produksimencapai 7,113 ton, konsumsi mencapai24,1 kg per tahun per kapita. sem*ntarauntuk kebutuhan konsumsi pangan lain-nya seperti terigu, ubi jalar, kentang, sagu,kacang tanah, kacang ijo. dan lainnya jugasemua terpenuhi meskipun ada yang se-bagain harus didatangkan dari luar untukpemenuhannya.

Ada beberapa item yang juga tidak ter-deteksi berapa jumlah produksi dalamtahun tersebut. Meski demikian, masih bisadiketahui jumlah kebutuhan dan keterse-diaannya. Antara lain yang tidak terdetek-si jumlah produksinya seperti terlur, susu,minyak kelapa, minyak sawit, gula pasir,gula merah, sayuran dna buah-buahan.

"Untuk sayur-sayuran pemenuhannyajuga banyak didatangkan dari luar. Sehing-ga kedepan, akan diupayakan untukpengembangan pangan lokal di masyarakatdengan mengimbau kepada masyarakatuntuk memanfaatkan halaman yang tersi-sa untuk menanam sayur mayur sehinggabisa menghemat pengeluaran. (afr/)

RADAR/JHAMHUR ANJASMARA

KAWASAN. Sebagian wilayah Polewali Mandar masih diwarnai pemukiman kumuh. Untuk mempercepat pembentukan Kota Polewali,agenda pembenahan pemukiman adalah salah satu hal terpenting.

Bentuk Tim PercepatanKota Polewali

POLEWALI -- Komisi IDewan Perwakilan RakyatDaerah (DPRD) PolewaliMandar, meminta, Pemerin-tah Kabupaten (Pemkab)Polewali Mandar, segeramembuat tim percepatanpembentukan Kota Polewa-li. Desakan ini disampaikanKetua Komisi I DPRD Pole-wali Mandar, FariduddinWahid, Selasa 31 Januari ke-marin.

Menurutnya, wacanapembentukan kota Polewaliyang makin menggeliatdalam beberapa pekan tera-khir, semestinya disikapiPemkab Polewali Mandar,

dengan segera membuat timpercepatan pembentukankota Polewali.

"Saya kira pembentukanKota Polewali sudah tidakdapat ditawar-tawar lagi danbukan sesuatu yang tabu,makanya saya ingin kiranyaPemkab Polewali Mandar,segera menyikapinya denganmembentuk tim percepatanKota Polewali," tutur Faridud-din.

Legislator Partai Golkarini, menyatakan, ada banyakkeuntungan yang didapatkanketika Polewali Mandar di-dorong menjadi Kota Pole-wali.

Di antaranya pemekaranwilayah kabupaten baru se-cara serta merta akanmengikuti kehendak terwu-judnya Kota Polewali.

"Makanya, yang terpent-ing dilakukan Pemkab Pole-wali Mandar di bawahkepemimpinan Ali Baal Mas-dar saat ini adalah segeramembuat tim percepatanpembentukan kota Polewali.Hal ini merupakan sebuahtantangan bagi pemerintahsaat ini, apakah mereka jugasepakat atau tidak sepakat,"kata Fariduddin.

Ia menambahkan, bilapemerintah memang ikhlas

melakukan pemekaran Kabu-paten Balanipa, momenmempercepat pembentukankota adalah momentum yangsangat tepat.

"Tinggal memang desainpercepatannya harus jelasdari awal mulai soal peng-wilayahan hingga soal asetharus jelas dari awal.

Tapi kalau bicara soal mo-mentum percepatan Kabu-paten Balanipa, kesempatanmempercepat kota Polewaliadalah solusinya, tinggalPemkab Polewali Mandar,apakah juga mereka serius,"kunci Fariduddin.

(k1/mkb)

2011, Beras danUbi Kayu Surplus

Hasil Panen Polman Kebanyakan Keluar

Daerah

RADAR/DIAN AFRIANTY

LUMPUH. Lilis (7) bocah penderita lumpuh bersamaneneknya di rumahnya di Desa Jambu Malea Kecama-tan Tapango. Selasa 31 Januari. Lilis dirujuk ke RSUDPolewali oleh Yayasan ASA Sulbar untuk mendapatperawatan secara intensif.

Lilis, Penderita Lumpuh Dirujuk ke RSUD PolewaliPOLEWALI -- Harapan

Lilis, tujuh tahun, penderitalumpuh dari Desa JambuMalea Kecamatan Tapangoyang telah menderita lumpuhselama beberapa tahun tera-khir untuk bisa berjalan sep-erti sedia kala terbuka. Difa-silitasi Yayasan ASA Sulbarmilik anggota DPD Sulbar,Asri Anas, Lilis dirujuk keRSUD, Selasa, 31 Januari.

Hambar yang mengan-

tarkan Lilis ke RSUD bersa-ma bidan dari PuskesmasDakka menyampaikan, kon-disi Lilis saat ini sangat mem-prihatinkan karena di usiayang memasuki tujuh tahunhanya bisa berbaring di tem-pat tidur karena kakinyatidak bisa berjalan sepertianak-anak lainnya. Lilis yangselama ini tinggal bersamaneneknya karena telah dit-inggal mati oleh ibunya, se-

mentara bapaknya dalampenjara, dengan kondisi kakiyang lumpuh bahkan sudahtidak bisa berbicara memangtidak pernah dibawa kePuskesmas oleh nenek yangIa temani tinggal. Informasiyang diperoleh dari nenekn-ya, anak tersebut mengalamikelumpuhan pada usia empattahun hingga saat ini.

"Kondisinya cukup mem-prihatinkan karena tidak bisa

berbicara dan sama sekalitidak bisa menggerakkan kak-inya. Untuk itulah, Ia dibawake RSUD untuk diperiksaoleh dokter. Saat diperiksadokter di RSUD, dokter men-yarankan untuk dilakukanterapi dua kali seminggu. Se-lain itu, juga disarankan un-tuk terus melatih kakinyayang lumpuh agar bisa dig-erakkan kembali," kata Ham-bar. (afr/mkb)

REPORTER: JHAMHUR ANJASMARAEDITOR: AMRI MAKKARUBA

Radar Sulbar - [PDF Document] (9)

Rabu, 1 Februari 2012RADAR SULBAR 9

INGAT dengan tim Wim-bledon di era 90-an yang diju-luki The Crazy Gang? Tipe per-mainan keras menjurus kasarmereka kini diakui RobertoMancini, dengan sedikit nadasarkas, melekat pada timnya.

Mereka yang mengikutiPremier League di era 90-antentu ingat dengan Wimble-don ketika itu. Di bawah arah-an manajer Joe Kinnear dandipimpin oleh seorang kapten

MUNICH -- Pelatih Timnas Jerman,Joachim Loew menanggapi dingin soal speku-lasi yang menyebutkan dirinya dibidik sebagaipengganti Jose Mourinho di Real Madrid.Loew yakin kabar itu murni spekulasi.

Seperti diberitakan sebelumnya, kelanju-tan masa depan Mourinho bersama Madridmenjadi tanda tanya. Pelatih asal Portugal itusudah gerah dengan kritikan terhadap dirin-ya, politik di tubuh klub dan perseteruan in-ternal yang membuatnya muak.

Walhasil, Mourinho yang mulai membe-sut Cristiano Ronaldo dkk. pada 31 Mei 2010itu pun dilaporkan tak lagi betah berada diSantiago Bernabeu. Kabarnya, ia ingin kembaliberkarier di Liga Inggris.

Kemudian, nama-nama kandidat pelatihyang dijuluki The Special One itu pun bermun-culan. Rafael Benitez, Arsene Wenger danLoew.

Pekerjaan Loew bersama Jerman sejauh inibisa dikatakan berhasil. Selain sukses memba-wa Der Panzer lolos hingga semifinal PialaDunia 2010, ia juga sukses membawa timnyalolos ke Piala Eropa 2012 tanpa kekalahan dibabak kualifikasi.

Kontrak Loew sendiri baru akan habis pada2014. Pria berusia 51 tahun ini mengakumasih senang dengan pekerjaannya itu.

"Mourinho harus menunggu sampai 2014,ketika kontrak saya bersama Jerman habis,"ucap Loew kepada Abendzeitung Muenchensebagaimana dilansir YahooSports.

"Tapi serius, ini murni spekulasi, tidak adayang lain. Saya adalah pelatih timnas Jermandan tak banyak pekerjaan yang lebih baik dariini."

"Saya tidak ingin membuang pikiran sayadengan hal-hal seperti ini. Saya yakin bahwaMourinho adalah pelatih terbaik untuk Madriduntuk sekarang," demikian dia. (net)

City Seperti 'The Crazy

Gang'Wimbledon

Loew Tanggapi DinginRumor SebagaiSuksesor Mourinho

bermental keras, Vinnie Jones,mereka adalah tim yang diseg-ani--kalau bukan ditakuti.

Reputasi sebagai tim yangkerap main keras dan menju-rus kasar pun melekat padamereka. Sikap tersebut juga ikutmenular kepada fans dan jaja-ran stafnya. Tak heran kalaukemudian julukan The CrazyGang tersebut muncul.

Mancini, dengan senyumdan nada setengah sarkas,

menyebut bahwa City punyapotensi menyamai Wimble-don. "Kami adalah tim yangnakal. Seperti Wimbledon,"ucapnya di ESPN Star.

Musim ini sudah ada limapemain City yang terkena kar-tu merah. Beberapa di ant-aranya, seperti Vincent Ko-mpany dan Mario Balotelli,mendapatkan skorsing beber-apa pertandingan karena tin-dakan indisipliner di lapan-

gan.Namun demikian, Manci-

ni membantah bahwa para pe-mainnya sengaja melakukantindakan-tindakan kasar dilapangan.

"Para pemain saya adalahpara pemain yang baik. Mere-ka tak pernah melakukan tekelkasar pada pemain lain. Haltersebut tak ada dalam pikirankami. Oleh karena itu, sepertiyang sudah saya katakan, kami

hanya kurang beruntung dalamdua bulan terakhir," tukasnya.

Menyusul kegagalan di duakompetisi, Roberto Mancini kinimengalihkan fokus timnya me-menangi Premier League.

Awal Januari, The Citizenssudah harus tersingkir dari ajangPiala FA usai kalah 2-3 dariManchester United.

Tiga hari kemudian, merekakalah tipis 0-1 dari Liverpool dileg I semifinal Piala Liga.

Ibra Vs Klose27-1-2012 AC Milan 3 - Lazio 1 (Coppa Italia)

10-9-2011 AC Milan 2 - Lazio 2 (Serie A Italia)

2-2-2011 AC Milan 0 - Lazio 0 (Serie A Italia)

23-9-2010 Lazio 1 - AC Milan 1 (Serie A Italia)

29-3-2010 AC Milan 1 - Lazio 1 (Serie A Italia)

Lima Pertandingan terakhir Lazio

29-1-2012 Chievo 0 - Lazio 327-1-2012 AC Milan 3 - Lazio 123-1-2012 Inter Milan 2 - Lazio 115-1-2012 Lazio 2 - Atalanta 011-1-2012 Lazio 3 - Verona 2

Lima Pertandingan terakhir AC Milan

30-1-2012 AC Milan 3 - Cagliari 027-1-2012 AC Milan 3 - Lazio 122-1-2012 Novara 0 - AC Milan 319-1-2012 AC Milan 2 - Novara 116-1-2012 AC Milan 0 - Inter Milan 1

ROMA - Big Match antaraLazio dan AC milan di midweekSerie A Liga Italia Lazio di Stadi-on Olimpico, Kamis 1 Feb-ruari dini hari akan men-jadi ajang pembuktianIbrahimovic dan Miro-slave Klose

Pelatih Biancocelesti,Edy Reja menyebut Miro-slav Klose memiliki kemam-puan lebih baik dibandingkanmesin gol Rossoneri, Zlatan Ibra-himovic.

Ibra yang sudah mencetak 15gol dari 17 kali penampilan akan

beradu tajam dengan Klose yangsudah mengumpulkan 12 gol darihasil 19 kali bermain.

Meski dalam catatanstatistik penyerang asalJerman itu kalah tajamdibandingkan Ibra, Rejamenilai Klose memiliki

kualitas yang lebih baik."Mereka adalah dua

pemenang yang berbeda. Pe-main Swedia itu lebih spektakul-er dan individualistis, Miro leb-ih praktis dan lebih suka bermainkolektif,' ungkap Reja di FootballItalia.

"Klose bekerja sedikit lebihbanyak pada strategi kolektif daritim dan di seperempat lapanganterakhir dia tak terkalahkan. Diapemain pintar, bahkan ketikamencari tempat untuk melaku-kan tendangan,"

"Dia kembali turun dan mem-bantu tim, hal ini bermanfaatbaginya. Saya tidak berpikir diamemiliki pertarungan ini, na-mun dia memainkan bagianmendasar dalam membangunpermainan dan akan sebail padapergerakan finishing," tutup pel-atih Lazio ini. (**)

Head to Head Milan vs Lazio

Lorenzo Tercepat, Rossi Kedua

Tes MotoGP Sepang

Sepang - Sampai pukul 14.00 waktu set-empat, Yamaha untuk sem*ntara mendomi-

nasi tes MotoGP diSirkuit Sepang, Malay-sia, dengan Jorge Loren-zo keluar sebagai pem-balap tercepat dan BenSpies finis ketiga. Pem-balap Ducati, ValentinoRossi, ada di posisi ked-ua.

Dikutip dari Crash,dalam ujicoba hari Selasa (31/1/2012), Loren-zo berhasil mencatatkan waktu terbaik den-gan dua menit 2,406 detik dan melahap 13lap.

Motor Ducati GP12 versi terbaru menun-jukkan sinyalemen positif setelah Rossi ber-hasil menjadi tercepat kedua dengan selisihwaktu dua menit 2,834 detik. Posisi tiga besardilengkapi oleh Spies yang berhasil membuku-kan dua menit 2,930 detik dengan melakukan10 putaran.

Hasil kurang baik justru diterima oleh Hon-da, tim yang begitu perkasa pada musim lalu.Dani Pedrosa harus puas duduk di peringkatkeenam dengan waktu dua menit 3,410 detiksem*ntara juara bertahan Casey Stoner gagaltembus 10 besar.

Stoner menempati urutan 13 dengan wak-tu dua menit 7,163 detik usai melakoni empatlap. Pembalap Australia itu memutuskan tidakmelanjutkan tes karena menderita cederapunggung. Ujicoba masih akan dilanjutkanbeberapa saat lagi. (net)

Joachim Loew

Radar Sulbar - [PDF Document] (10)

10 Kesehatan RADAR SULBARRabu 1 Februari 2012

Flu Singapura, Daya Tahan Harus KuatJika anak Anda terkena flu yang

disertai dengan ruam dan lesi mer-ah seperti cacar air di tangan danmulutnya, waspadalah!

Sudah dua hari Rama (2) men-derita flu dan demam. Sang Ibu bin-gung sebab flu tak kunjung sembuhmeski Rama telah diobati. Malah dibeberapa bagian tubuh Rama, sep-erti mulut dan tangan, muncul ruammerah yang beberapa hari kemudi-an berubah menjadi lesi-lesi yangbergelembung berisi cairan (berairseperti cacar air).

Apa yang dialami Rama sebe-narnya adalah penyakit Hand, Foot,and Mouth Disease (HFMD) ataulebih dikenal dengan Flu Singapu-ra. Nama ini diberikan sebab di Sin-gapura-lah, penyakit ini menimbul-kan kematian yang cukup banyak.Flu jenis ini patut diwaspadai pulasebab bisa menimbulkan radangotak dan mematikan jika penderit-anya terkena virus yang memilikivirulensi tinggi.

Penyakit yang sepanjang tahunselalu muncul ini, memiliki banyaksekali jenis virus. Salah satu virusyang mematikan (seperti yang me-wabah di Singapura) adalah En-terovirus 71 . Sedangkan virus fluSingapura yang sering dijumpai diIndonesia merupakan tipe Coxsack-ie A dan Coxsackie B . Jenis ini ti-penya lebih ringan.

Ruam & LesiMenurut Spesialis Anak RS Grha

Kedoya , dr. Bertha Soegiarto, Sp.A.,flu biasa pada umumnya hanyamenyerang tenggorokan (batuk),pilek, dan demam. Gejala ini pulayang biasanya menyertai flu Sin-gapura. Bedanya, setelah anak men-derita deman sekitar 2-3 hari, mun-cul ruam merah dan lesi-lesi (berairseperti cacar air) pada beberapabagian di tubuhnya.

“Pada flu Singapura disertai den-gan munculnya ruam merah danlesi-lesi di bagian sekitar mulut,

lidah, pipi, tenggorokan. Pada bayibisa juga di selangkangan, tangan,kaki, dan bokong. Lesi-lesi ini lebihmendominasi dibandingkan den-gan batuk dan flunya,” ujar Bertha.

Sering Menyerang AnakFlu Singapura memang lebih

sering menyerang anak-anak. Bi-asanya penyakit ini terjadi pada anakdi bawah setahun hingga 5 tahun.Namun, “Bisa juga terjadi pada anakusia 10 tahun, tapi jarang,” ungkapBertha. Kemungkinan, ini ber-hubungan dengan daya tahan tubuhpada anak di usia tersebut yangmasih lebih rendah. Ditambah lagi,anak-anak usia ini belum mampumenjaga dirinya agar menghindarikontak dari penderita flu Singapu-ra.

Bertha menambahkan bahwa or-ang dewasa bisa juga terkena flu Sin-gapura. “Tapi manifestasinya eng-gak muncul lesi, bisa jadi seperti flubiasa saja. Sehingga jika orang dew-asa yang dicurigai terjangkit flu Sin-gapura tidak melalui penelitian lab-oratorium, sulit sekali dikenali apa-kah flu itu disebabkan virus Cox-sackie atau virus flu biasa,” ungkapBertha.

Obat SuportifJika Anda menemukan tanda lesi

ini pada tubuh anak, sebaiknya jan-gan menunda membawa anak kerumah sakit. Tujuannya untuk me-mastikan apakah benar penyebab-nya dikarenakan virus flu Singapu-ra. Sayangnya, penyakit ini belummemiliki antivirus atau obat antibi-otiknya. Dengan kata lain, yang bisamengatasi virus ini adalah tubuhkita sendiri. Tubuh kita memang bisamemerangi virus ini dalam dalamkurun waktu satu minggu sampaisepuluh hari. Setelah itu penyakit iniakan sembuh dengan sendirinya.

Selain itu, berikanlah obat-oba-tan berjenis suportif. Misalnya, jikaanak demam berikanlah obat de-

mam, kalau nyeri kasih obat nyeri.Jika anak sudah bisa kumur-kumur,berkumurlah dengan air garam atauantiseptik. Usahakan pula anak tetapmakan dan minum yang banyak.Anda harus bersabar ketika hendakmemberikan obat suportif ataumemberi makan serta minum padaanak. Menurut Bertha, dua kegia-tan ini kerap menimbulkan masalahbagi anak-anak yang menderita fluSingapura. “Pasalnya, ketikamerasakan sariawan biasa saja, lidahsakitnya sudah luar biasa. Bisa bay-angkan, kan, kalau lesi itu berada diseluruh mulut dan tenggorokan.Pastinya nyeri sekali, kan, kalau di-pakai makan dan minum,” jelas Ber-tha. Jika tetap menolak makan danminum, mau tak mau anak harusdiinfus. Caranya dengan memberi-kan makanan yang lunak, mudahditelan, kalau bisa tidak perlu diku-nyah, dan hindari makanan yangasam. Berikan juga makanan yangsifatnya dingin dan adem sepertibuah-buahan, puding, jeli. Anak bi-asanya lebih bertoleransi denganmakanan itu. “Jangan beri nasi dansup hangat, nanti yang ada mulutanak akan bertambah sakit,” terangBertha.

Agar Tetap Bugar1. Menjaga kebersihan peroran

gan. Misalnya, rajin cuci tangan dengan menggunakansabun (terutama sebelum dansesudah makan juga sesudahbuang air besar/buang airkecil).

2. Berikan anak gizi yang cukup.3. Pemberian ASI eksklusif hing

ga enam bulan dan meneruskannya hingga usia dua tahun.

4. Meski vaksinasi flu Singapurabelum ada, anak tetap harusdiberikan vaksinasi yanglengkap agar daya tahan anaktetap kuat.

Cegah dari Rumah

1. Ketika anak Anda menderitaflu Singapura, usahakan isolasi ia dari lingkungan rumahdan luar. “Jika sudah sekolah,jangan sekolah dulu hinggabenar-benar sembuh (lesi-lesinya hilang) dan tidak bermain atau kontak fisik denganteman juga saudara kandungnya,” jelas Bertha.

2. Ajarkan anak untuk menutupmulutnya dengan masker,saputangan, atau tisu ketikabatuk atau bersin. Percikancairan atau ludah yang keluardari mulutnya bisa menulariorang sekitar melalui makanan dan udara.

3. Virus ini juga bisa menularmelalui kotoran. Oleh karenaitu, ketika anak usai buang airbesar atau ibu membersihkan

popok bayinya (yang menderita flu Singapura) segeralahmencuci tangan dengan bersih agar tidak menyebarkanvirus itu ke sekitarnya.

4. Pernyataan yang mengatakanpenderita flu singapura tidakboleh terkena angin danmandi hanyalah mitos. “Justru penderita harus mandi.Kalau tubuh penuh kumanpadahal di sana terdapat banyak luka (lesi) di kulitnya, kuman itu malah akan membantu penyebaran infeksi lukanya semakin luas,” ujar Bertha.Jadi, selagi anak tidak demamtinggi, tidak masalah terkenaangin dan mandi.

5. Penyakit yang sering melanda daerah tropis dan selaluada di sepanjang tahun ini

memang biasanya timbul secara berkelompok. Misalnya disuatu sekolah ada satu anakyang menderita flu Singapurayang tanpa disadari menulariteman-temannya. “Bisa jadilesinya pecah dan cairannyamengontaminasi meja. Tanpasengaja meja tadi tersentuholeh temannya yang lain. Disitulah penularan itu terjadi.”Hal inilah yang menjadipemicu wabah flu singapura.Cara mengatasinya mudahsekali, yakni dengan meliburkan sekolah beberapa hari untuk dibersihkan dan anak-anak yang positif mengidappenyakit ini tidak bersekolahdulu hingga benar-benar sembuh.

(net)

Radar Sulbar - [PDF Document] (11)

PendidikanRADAR SULBARRabu 1 Februari 2012 11

REPORTER : DIAN AFRIANTYEDITOR: AMRI MAKKARUBA

245 Siswa SMKN Campalagian PrakerinPOLEWALI -- 245 siswa SMK

Campalagian Polewali Mandarmengikuti praktek kerja industri(prakerin) diberbagai tempat.Prakerin ini dilepas oleh SekkabPolewali Mandar, Natsir Rahmatuntuk , Senin, 30 Januari di SMKCampalagian. 245 siswa tersebutterdiri akan disebar ke Makassar,Polman, Majene, dan Mamuju.Pelepasan prakerin ini selaindilepas Sekkab M Natsir Rahmatjuga dihadiri Kepala DisdikoraArifuddin Toppo, anggota DPRDSulbar, Andi Ibrahim Masdar,jajaran staf SMKN Campalagiandan orang tua siswa.

Kepala SMKN Campalagian,Masdar Saleh menyampaikan,pelaksanaan prakerin bukanlahsebagai ajang sensasi, atau sebagai

wahana rekreasi, serta bukan pulasebagai pembebasan dari karanti-na aturan-aturan sekolah. Akantetapi, prakerin adalah bentuklangkah maju bagi siswa untukmampu melihat lebih jauh atasberbagai perkembangan dan hasilkarya manusia pada era globalisasisaat sekarang ini.

"Baru-baru ini kita telahmenyaksikan bersama melaluimedia elektronik dan mediamassa tentang kehebatan generasiSMK khususnya di Solo dan derahlain yang telah mampu merakitmobil KIA ESEMKA yang mampumerakit mobil yang setaraffasilitasnya dengan mobil yangbermerek internasional dan telahmenjadi kebanggan kita semua.Kitapun berharap generasi ditanah Mandar khususnya generasiSMK juga mampu menciptakandan melahirkan sesuatu yang

melebihi keluarbiasaan generasidi luar pulau Jawa," kata MasdarSaleh. Sekkab Polewali Mandar,Natsir Rahmat mengatakan,dengan kegiatan praktek kerjaindustri, kedepan diharapkanluaran SMK mampu menjadienterprnenur yang tidak hanyaberharap pada penerimaan PNS/karyawan swasta, namun lebihdari itu harus memikirkanbagaimana menciptakan lapangankerja sendiri (kreatif).

"Pendidikan kejuruan jugadiharapkan melahirkan keluaransiswa yang memiliki skill danketerampilan yang memadai,selain itu kelauran SMK jugaharus siap pakai. Kegiatanprakerin merupakan upayastrategis dalam penerapan danadaptasi siswa SMK pada duniakerja," terang Sekkab NatsirRahmat. (*)

KUMAL --Kosaster SiinUnasmanmelakukankuliah malam(Kumal)denganmateri kelasteater dankelaspenulisankreatif.

RADAR/ AMRI MAKKARUBA

Kosaster Siin UnasmanLuncurkan Program Kumal

POLEWALI-- KomunitasSeni Sastra dan Teater (Kosas-ter) Siin Unasman meluncur-kan dua program kuliah malam(Kumal) untuk dua genrekesenian yakni, kelas teater dankelas penulisan kreatif. Pro-gram Kumal yang digelar setiapmalam Senin dimaksudkansebagai bentuk komitmenKosaster Siin Unasman untukmeletakkan dirinya sebagaikomunitas yang memangtengah berupaya serius melaku-kan penajaman kepada paraanggotanya dengan mengede-pankan kesadaran proseskreatif.

"Program Kumal ini meru-pakan tindak lanjut darirekomendasi yang diperolehmelalui diskusi awal tahunbeberapa waktu yang lalu.Sekaligus jawaban pentingnyameletakkan kerja keseniansebagai kerja proses yang taklagi melulu berorientasipanggung. Ini adalah upayauntuk menjelaskan kepadaanggota Kosaster bahwa tidak

hanya ingin mencetak pekerjakesenian yang memandangkesenian sebatas hanyapanggung pementasan belaka,"urai Ahmad Ketua Kosater SiinUnasman.

Pada gelaran Kumal untukkali yang ketiga dan dihelat dipelataran Sekreteriat KosasterSiin Unasman, Ahmad me-nambahkan, untuk sem*ntaraKumal hanya membuka duakelas yakni kelas teater dankelas penulisan kreatif kepadapara anggota.

"Bahwa kemudian adabeberapa anggota dari luarKosaster Siin Unasman yangtertarik untuk bergabung kedalam program Kumal ini akankami pertimbangkan juga untukikut direkrut secara khusus.Yang pasti untuk sem*ntara ini,kami hanya fokus untukanggota saja dulu," jelasnya.

Lebih jauh Ahmad menam-bahkan, tidak hanya Kumalyang akan menjadi programutama penguatan di Kosaster,tetapi juga akan membuka pula

program diskusi dan panggungekspresi dua bulanan.

"Khusus untuk programdiskusi dan panggung ekspresidua bulanan itu, secara kon-tinyu akan menghadirkanapresiator kunci dari luarKosaster yang kami anggaplayak untuk memberikanpencerahan dalam beragamperspektif," ungkap Ahmad.

Menurut Ahmad, dimaksud-kan selain sebagai upayapenguatan dan pencerahanjuga sebagai ruang untuk salingmembaui keringat bersamaantar penggiat keseniandengan jalan menghadirkankomunitas lain sebagai pesertadiskusi sekaligus sebagaipenampil pertunjukan.

"Intinya, program diskusidan panggung ekspresi duabulanan itu hendaknya ditem-patkan sebagai ruang kontem-platif dan silaturrahmi kreativserta ruang untuk mengekplo-rasi karya di atas panggungantar sesama pekerja kesenian,"pungkasnya. (mkb)

MAJENE -- UniversitasTomakaka (Unika) Mamuju,kembali melakukan yudisiumterhadap 39 orang Mahasiswanya.Mahasiswa yang diyudisium,merupakan lulusan akademik2011/2012. Presiden DirekturTomakaka Group, Ahmad Taufanmengungkapkan sejak berdiribeberapa tahun silam, UnikaMamuju telah memiliki ribuanorang dari berbagai jurusan yangdisediakan. Dari beberapa jurusanyang disediakan oleh kampusUnika Mamuju cenderungmengalami peningkatan peminatdari tahun ke tahun. Hal tersebutdibuktikan dengan jumlahmahasiswa yang mendaftarkandirinya selalu membludak.

"Dari seribu lebih alumnusyang telah menyelasaikan kuliah-nya di universitas yang kamidirikan. 80 persen diantaranyatelah diserap oleh dunia kerja danrata-rata mereka telah menempatiposisi yang mapan di duniakerja,"ungkapnya.

Ahmad mengaku bila yudisiumyang dilakukan tahun ini, melibat-kan enam orang tenaga pengujiyang memiliki kapabilitas yangtidak diragukan, karena merekamerupakan tenaga dosen yangterbukti memiliki tingkat penge-tahuan sangat baik.

39 Mahasiswa Unika Mamuju Yudisium

"Kedepannya kami akanmelakukan fokus terhadapperekrutan tenaga pengajar, agarkualitas pengetahuan yangdimiliki oleh para mahasiswalebih meningkat serta dapatmenunjukkan kapabilitasnya ditengah-tengah persaingan duniakerja yang kian mengedepankankapasitas yang dimiliki olehpencari kerja," lanjutnya.

Ahmad juga mengaku bilaterdapat beberapa lembaga BadanUsaha Milik Negara (BUMN)khususnya dunia perbankan yang

meminta kerja sama agar meny-iapkan beberapa orang mahasiswayang memiliki kapasitas, untukdijadikan sebagai karyawan.

Rektor Unika Mamuju, Sahril,mengaku bersyukur dengandilaksanakannya yudisiumterhadap seluruh mahasiswa yangtelah melalui proses akhir perkuli-ahannya. "Saya berharap agarseluruh mahasiswa yang diyudisi-um hari ini dapat menunjukkankualitasnya dan bersaing denganalumnus universitas lain,"tandasnya. (mg4/mkb)

RADAR/JUNIARDI

YUDISIUM : Mahasiswa Unika Mamuju saat menjalani yudisium di Aula kampus AmikTomakaka Majene, Lingkungan Lembang Kelurahan Baurung Kecamatan Banggae,Ahad 29 Januari 2012.

SURABAYA - Tumbuhnyapengguna handset berbasissystem operasi (OS) besutanGoogle Inc, yakni Android,menggairahkan pasar teleko-munikasi di tanah air. Pasaln-ya, konsumsi data pada ponselandroid terbilang lebih besardibandingkan ponsel BlackBer-ry yang menerapkan systemkompresi data. ManajerMarketing VAS and Communi-ty PT Indosat Tbk area Jatim MFahrurrozi menuturkan, saatini pelanggan internet nonBlackBerry Indosat bisamengonsumsi data hingga 500MB per bulannya. Bahkan,tahun 2012 diprediksi penggu-

Jual Internet Non BlackBerry Lebih Untungna data non BlackBerry inibakal melonjak 30 persen."Seiring dengan penetrasismartphone Android, bakalberbanding lurus dengankonsumsi data android yangbesar pula," terangnya.

Senada dengan Rozi,Manager Corporate Communi-cation PT Telkomsel Area JawaBali Sri Ambar Yusmeniwatimengatakan penggunaan datanon BlackBerry juga dianggaplebih menguntungkan. "Sebab,layanan data seperti Androidmenggunakan jaringaninternet operator sendiri.Sehingga, operator lebih fokusuntuk investasi jaringan.

Berbeda dengan BlackBerry,operator musti membayarsubsidi untuk jaringan RIM(Research In Motion)," tuturn-ya. Oleh karena itu, pihaknyasaat ini gencar mengalokasikanbelanja modalnya (capitalexpenditure/capex) lebih besaruntuk kebutuhan broadband.Bahkan, persentase alokasinya dikisaran 60 persen. "Kami jugamakin fokus untuk meng-grabpasar anak muda yang palingpotensial di bisnis data internetini. Kami sasar mahasiswa lebihdari sepuluh universitas di tanahair untuk mensosialisasikanperkembangan internet broad-band," ujarnya. (jpnn)

2030, Manusia Bisa Tinggal di BulanMOSKOW- Badan antariksa Rusia,

Eropa, dan Amerika Serikat sedangdalam pembicaraan serius mem-bahas pembangunan koloni manusiadi bulan. Tengah dibahas apakahbentuk koloni berada di permukaanatau stasiun angkasa yang mengorbitdi bulan. "Kami tak ingin hanyasekadar melangkah di atasnya(permukaan bulan)," kata VladimirPopovkin, Kepala badan antariksaRusia, Roscosmos, membocorkanbentuk koloni yang tengah dibicara-kan dengan pejabat NASA danEuropean Space Agency (ESA)

seperti diberitakan The Register,Selasa (24/1). Rusia sendiri lanjutPopovkin, ingin menggunakankedua cara koloni tersebut. Keyaki-nan manusia bisa hidup di bulan,tambah Popovkin, didasari hasiltemuan terbaru para ilmuwan yangmenunjukkan di salah satu kutubbulan terdapat air.

"Kita sekarang sedang membicar-akan bagaimana memulai eksplo-rasi," ungkapnya.

Kolonisasi bulan adalah langkahawal dari rencana besar programantariksa global, yang bertujuan

mencari tempat tinggal alternatifbagi umat manusia di luar angkasa.Tujuan utama eksplorasi ini adalahMars. Orang terakhir yang tinggal dibulan adalah Eugene Cernan danHarrison Schmitt. Keduanya tinggalselama 3 hari yang mendarat danlepas landas menggunakan Apollo 17pada tahun 1972. Ambisi Rusiaterlibat program koloni di bulanberlangsung di tengah kegagalanmisi Phobos-Grunts ke Mars awaltahun ini. Kolonisasi bulandiperkirakan baru bisa dimulaitahun 2030. (jpnn)

Radar Sulbar - [PDF Document] (12)

12 RADAR SULBARRabu, 1 Februari 2012Radar Majene

RADAR/SYAMSUDDIN

DARI (KANAN) Wakil Bupati Majene Fahmi Massiara, Bupati Majene Kalma Katta Sekkab Syamsiar Muchtar dan sejumlahpimpinan SKPD Lingkup Pemkab Majene menghadiri pembukaan rapat kerja tim penggerak TP-PKK Kabupaten Majene diAssamalewuang Majene.

EKSEKUTIF Rubrik Khusus Pemerintah Kabupaten Majene

BUPATI MAJENEPENGUMUMAN

Dalam Rangka Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten MajeneNomor 12 Tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan Persampahan /Kebersihan, yang di undangkan dan ditetapkan pada tanggal 30Desember 2011, maka dengan ini disampaikan kepada seluruhmasyarakat, Instansi Pemerintah / Swasta dan Sekolah – sekolah /Perguruan Tinggi. Bahwa Pelaksanaan PERDA PelayananPersampahan / Kebersihan mulai berlaku Bulan Januari 2012.Adapun Struktur dan Besarnya Tarif Retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan adalah sebagai berikut :

Rubrik ini Dipersembahkan Oleh Pemkab Majene Melalui Dinas Perumahan Pemukiman dan Kebersihan (Ttd, Drs. Efendi Gasong)Kepala Dinas

Demi kian Pengumuman ini kami sampaikan atas perhatian dan kerjasamanyadi ucapkan banyak terima kasih.

TARIF(Rp)NO JENIS31 2

Instansi PemerintahInstansi SwastaSekolah – sekolah

1.2.3.

50.000,-/bulan25.000,-/bulan

a. SD / MI / TKb. SMP / MTsc. SMA / SMK / MAd. Perguruan Tinggi

25.000,-/bulan25.000,-/bulan25.000,-/bulan25.000,-/bulan

4.5.6.7.8.9.

Rumah Tempat TinggalHotel / Penginapan / Asrama dan semacamnyaToko / Toserba / Mall, Supermaket dan Tempat Usaha lainnyaRumah Makan / Restoran / WarungSalon / Pangkas Rambut / Apotik / Toko Obat dan semacamnyaBengkel / Servis

5.000,-/bulan10.000,-/bulan10.000,-/bulan10.000,-/bulan10.000,-/bulan10.000,-/bulan

10.11.12.

Pelayanan TemporerPNSPasar

a. Pedagang kaki lima / kios / losb. Pedagang insidentil

100.000,-/keg.5.000,-/bulan

7.000,-/bulan5.000,-/keg.

13.14.

Sampah luar biasa / bongkaranPabrik / industry / gudang

50.000,-/m3

10.000,-/bulan

31 2

RADAR/SYAMSUDDIN

KETUA TIM penggerak TP-PKK Kabupaten Majene Hj.Andi Nirwana Kalma memberikan sambutan rapat kerja TP-PKK diAssamalewuang Majene.

MAJENE -- Bupati Majene, KalmaKatta, menyatakan akan melepasjabatan Ketua Komite OlahragaNasional Indonesia (KONI) Majene.Kalma akan memberikan kesempatankepada pengurus yang memiliki waktuluang dan fokus mengurus organisasiolahraga di Majene.

"Kami akui beberapa cabangolahraga di bawah kepengurusan KONImengalami stagnansi. Hal tersebutdisebabkan tidak maksimalnya fungsiroda organisasi untuk mengelolaseluruh cabang olahraga yang dinaungiKONI," tuturnya.

Ia siap memberikan posisi KetuaKONI Majene kepada calon ketua yangmemiliki kapasitas dan kemampuandalam bidang olahraga. Kriteria lainyang dianggap perlu dimiliki oleh calonketua KONI yang baru adalahkemampuan untuk memanajemenorganisasi keolahragaan, sehinggamampu menumbuhkan seluruh cabangolahraga yang selama ini dianggap matisuri.

"Kepengurusan KONI tidak harusdijabat oleh ketua yang berlatarbelakang dari birokrasi. Apalagi,birokrat selalu dibenturkan oleh tugasdan tanggungjawab pemerintahan yangtidak boleh ditinggalkan begitu saja,"lanjutnya.

Ia mengatakan, kepemimpinanKONI tetap akan diletakkan melaluikesepakatan bersama melaluimusyawarah kabupaten yang akandigelar setelah beberapa strukturorganisasi keolahragaan yang dibawahikoni diverifikasi ulang.

Kalma mengaku, beberapa cabangolahraga yang dianggap telah mati akandihidupkan kembali sesuai tugas yangtelah dibebankan kepada DinasPemuda Olahraga Budaya danPariwisata (Disporabudpar) Majene.

"Setelah seluruh cabang olahragadiidentifikasi, beberapaa cabang yangdianggap mati akan dihidupkankembali. Selanjutnya akan dilakukantransisi kepengurusan melaluimusyawarah KONI tingkat kabupaten,"tandasnya. (mg4/mkb)

MAJENE -- Bupati Majene, H KalmaKatta, Senin 30 Januari, mengimbau agarPemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga(PKK) dapat menjadi ujung tombak dalammelakukan pembinaan keluarga dan sistemkader hingga tingkat masyarakat grassroot.PKK diharapkan mampu memberikanmotivasi bagi masyarakat untuk dapatberkarya nyata dalam memperbaiki ke-hidupan keluarganya.

"Beberapa program yang dijalankan olehpemerintah daerah bila disingkronisasikandengan sepuluh program PKK, maka akanmelahirkan sinergi yang menimbulkandampak luas bagi masyarakat Majene,"ungkapnya.

Kalma juga berkeinginan agar seluruhjajaran TP-PKK disemua jenjang agar terusmenghidupkan kelompok dasawisma danposyandu di setiap desa dan dusun, sehinggapenyakit yang banyak menimpa anak-anakbalita, seperti gizi buruk maupun kurang gizidapat lebih cepat terdeteksi.

"Masih banyak ditemukan kasus giziburuk serta kurang gizi di berbagai daerah.Sehingga berbagai kasus yang terjadi,mengingatkan kita semua, agar suatukegiatan tidak ikut selesai ketika waktukegiatan selesai berakhir, tetapi semuakegiatan perlu ditindak lanjuti melaluipemantauan dan pembinaan,"lanjutnya.

Kalma juga meminta, agar TP-PKK untukterus mendorong dan mengadakanpembinaan secara intern, sehinggaterbentuk kader PKK yang militan dalamsituasi apapun serta siap melakukanpengapdian terbaik bagi masyarakat Majene.

"Para kader PKK hendaknya mampumembangun jejaring kerja sama denganberbagai pihak, termasuk menjaloin ker-jasama dengan lembaga sosial lain yangdipandang memiliki kemampuang danmempunyai fokus perhatian untuk men-dukung keberhasilan pelaksanaan programPKK," harapnya.

Kalma berharap kepada jajaran pengurusTP-PKK hendaknya mampu mencari inovasibaru dalam meningkatkan kemampuanseluruh onggotanya, supaya ikut membantukeberhasilan pembangunan diberbagaibidang. (mg4/mkb)

PKK Ujung TombakPembinaanKeluarga

Kalma Siap LepasKetua KONI

Program Indonesia MengajarNilai Kualitas Guru Rendah

MAJENE -- Sepuluh orang guru mudayang tergabung dalam program IndonesiaMangajar (IM), mendakan pertemuandengan Bupati Kalma Katta, Senin 30Januari, di Kantor Bupati Majene. Dalampertemuan ini, Kalma Katta didampingiSekkab Majene, Syamsiar Muchtar sertaKepela Dinas Pendidikan, Abd Hamid.Sepuluh guru muda ini melaporkan kondisipendidikan dari masing-masing tempatmereka berada.

Kordinator Indonesia Mengajar, Novia-nus Evra, mengungkapkan dari empat ke-camatan yang ada di Kabupaten Majene,yaitu Kecamatan Sendana, Tammeroddo,Ulumanda serta Malunda yang menjadi

sasaran pengapdian untuk mengimple-mentasikan gagasan serta pengetahuanyang mereka miliki. Tenaga pengajar IMmenilai kualitas sebagian besar tenagapengajar yang ada di empat kecamatantersebut dinilai masih sangat minim.

"Sesuai dengan realitas yang kami temuidilapangan, sebagian besar tenaga pengajaryang ada, tidak memiliki kapasitaspengetahuan yang mumpuni dalammemberikan pelajaran kepada muridmereka," ujar Novianus.

Novianus mengungkapkan, dalambeberapa hari kedepan, Zahrah Fajardiniselaku Sekjen Asosiasi Kepala Sekolah AsiaTenggara akan melakukan kunjungan keKabupaten Majene. Dalam kenjungannyatersebut Ia akan melihat langsung kondisi

pendidikan yang ada di empat kecamatanyang dinilai kapasitas tenaga pengajarnyamasih sangat minim.

"Kami berharap dari kunjungan tersebut,Pemda Majene melalui Disdik memanfaat-kan momen kadatangan Zahrah Fajardini,dengan menggelar sebuah kegiatan yangdapat menghadirkan tenaga-tenagapengajar untuk bertukar pikiran, tentunyadengan tujuan agar kapasitas pengetahuanyang dimiliki oleh tenaga pengajar di bebe-rapa kecamatan yang ada dapat mening-kat," ungkapnya.

Novianus berharap agar kedepannya adakerja sama yang terbangun dengan DisdikMajene, untuk melakukan pembenahanterhadap kualitas guru, karena kualitas guruakan mencerminkan kualitas murid. (*)

REPORTER : JUNIARDIEDITOR : AMRI MAKKARUBA

RADAR/SYAMSUDDIN

SMA NEGERI 1 MAJENE waktu lalu menggelar acara kesenian. Siswa diMajene tahun ini diharapkan tingkat kelulusannya pada pelaksanaan UjianNasional (UN) meningkat, pihak sekolah sudah mulai melakukan berbagaipersiapan untuk menghadapi pelaksanaan UN mendatang.

Radar Sulbar - [PDF Document] (13)

Barang-barang tersebut DIATAS pada saat ini tersimpan di Sarampu Desa Tonyaman Kabupaten Polman.

Waktu dan Tempat Lelang :Lelang dilaksanakan pada :Hari Tanggal : Selasa / 7 Februari 2012Waktu : 10.00 WITATempat : Kantor Kejaksaan Negeri Polewali

RADAR SULBARRabu, 1 Februari 2012 13Radar Mamasa

HOT LINE:MAMUJU -- JL. JEND. SUDIRMAN NO. 50,TLP. 0426 -22138. MAJENE -- JL. JEND SUDIRMAN NO. 167,TLP. 0422-21157. POLMAN -- JL. MR.MUH.YAMIN NO. 76,TLP. 0428-23203.

>>>>>> HUBUNGI BAGIAN PERIKLANAN:MAWARNI SUMARGOLANG,

0426-22138Hp: 081241843180

IKLAN BARIS RADAR SULBAR

Online: radarsulbar.comE-mail: [emailprotected]

BURSA OTOMOTIFDIJUAL MOBIL LGX 2.0 TAHUN2001. Rp 120 JUTA (NEGO)HUB : 081 354 738 087

Ramlan BadawiBupati

Benhard BuntutiboyongSekkab

Kabupaten Mamasa Visi: Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Mamasa yang Madani DalamIkatan Kondosapata Wai Sapalelean

Empat Strategi Pembangunan Kabupaten Mamasa1. Mewujudkan tata kepemerintahan yang baik/goog governance.2. Meningkatkan Kesejahteraan masyarakat melalui Pembangunan Berbasis Masyarakat

(Gerbang Sismark).3. Mendorong berkembangnya dunia usaha para pelaku ekonomi.4. Mengaktualisasikan nilai-nilai agama dan norma budaya dalam kehidupan masyarakat.

DIJUAL Rumah Bersertifiikat HakMilik (SHM) Luas 112 M2 . Terletak diJl. Mangga sekitar Pasar SentralMamuju. HUB: 082196368995

DIJUAL MOBIL KIJANG LGX 2.0Tahun 2001 Rp. 120 Juta hargamasih bisa nego kondisi mulus danplat Nomor cantik.Hub : 081 354 238 087

DIJUAL RUMAH

DIJUAL Tanah Ukuran 10 X 20 m2Didaerah Cece, Harga 40 JtHub : 085 210 791 333

DIJUAL Satu unit rumah di BTNMarwah Griya Residence Saram-pu (Dari Pertamina Sarampu belokkanan) blok B/5, type 36 ukuran6X12 m. Hubu-ngi: 085213945004

DIJUAL Rumah /Lokasi Jl. WR.Monginsidi No. 33 Sertifikat (SHM)Luas 776 M2 Hub : 085 299 817758 Telp : 0426-21625

BURSA OTOMOTIF

DIJUAL RUMAH

DIJUAL RUMAH

DIJUAL RUMAH

DIJUAL Rumah+Tanah LB:110 M2LT:613 M2, Di JL. Cut Nyak Dien -Karema Mamuju Kota Berada dizona Exklusif dan coco*k untuk Us-aha Ruko-Resto Hub : 081 354 699588 / 082 191 254 686

DIJUAL Rumah : Luas 325 M2 diJl. H.A. Endeng No.1 Tanah : 610M2 di Jl. Muh. Husni Thamrin Hub :Hp 081 355 399 133 Alamat:Jl. Urip Sumoharjo No. 51 Mamuju

DIJUAL Rumah/Tanah di Jl. CutNyak Dien No. 16 Karema MamujuLB : 100 M2 LT : 613 M2 Harga NegoHub : 081 354 699 588

DIJUAL RUMAH

DIJUAL RUMAH

DIJUAL RUMAH

DIJUAL Tanah dan Bangunan uku-ran 9x20 di Rangas Mamuju. Kuranlebih 500 m dari KantorGubernur Sulbar. Harga Rp. 150 Jt,tanpa perantara.HUB: 085398239889

DIJUAL Tanah kurang lebih 1 haJl. MartadinataHub : 081 342 209 050/0426-22451Harga : 300.000 permeter

DIKONTRAKKAN Rumah BTN Ax-uri Blok D, No.10Hub : 081 342 594 559

DIJUAL Rumah, Ukuran 7x13 M diBatupannu, Bersertifikat Luas 245m2.Harga 80 juta (nego)Hub : 085 342 900 751

DIJUAL TANAH

DIJUAL RUMAH

DIJUAL TANAH

JUAL TANAH. + Ukuran 4,4Hektar Di Jalan Baru (Jalur Dua)Hub; 08124252975

DIJUAL TANAH Ukuran 10x15 M2

di Jl. Sallang Baru Manding Pole-wali (Belakang Perumahan TamanManding Raya) Hrg. 25 juta (nego).Hub: 081355051455

DIJUAL TANAH

DIJUAL TANAH

DIJUAL TANAH UKURAN 2.400 M²LOKASI ±500 M DARI PERSIMAN-GAN LIMA. ARAH KE KALI MAMU-JU (DEPAN INSTALASI 1 PDAM)TANPA PERANTARA.HUB : 081354683755

DIJUAL TANAH

DIJUAL TANAH / PENGINAPAN,LUAS 6 x 26 DENGAN JUMLAH16 KAMAR PERMANENDI JL. NELAYAN III MAMUJU,HUB : 081 355 372 037TANPA PERANTARA

DIKONTRAKKAN DIJUAL TANAH

DIJUAL CEPAT : Kijang 94 Sil-ver Metalic 60 jt, 2 Sedan KIA2005 Merah & Hitam 45 jt, dan 1Sedan FORD + AC Dingin '86' 30jt, Bs NegoHub: 085 255 566 602-085 255 566 603.

CV. BINTANG ARIF RENTALTersedia semua jenis MobilBerpengalaman dalam Rental(Harga Damai) Jl. Abd. Syakur,Depan Bank Panin Hp : 085 255438 888 / 085 340 791 111

VITAMIN OTAK Buktikan andamenjadi lebih cerdas denganmengkomsumsi VitabrainOptimasi Otak. Garansi 110 %Hub : dr. Fadly S.Hp. 085 242 477 011085 656 210 118

RENTAL MOBIL VITAMIN OTAK

BURSA OTOMOTIF

DI JUAL RUKO 1 Lantai 2 Petak,Luas 7 X 15m Dengan Harga 500juta ( Bisa Nego) Terletak di Jl. CikDitiro HUB : 081 343 984 005 /085 242 959 161(Tanpa Perantara)

DIJUAL RUKO

TOKO HARAPAN JAYAGrosir Pakaian Jadi, Alamat: RukoBlok A. No. 16 Pasar Baru Mamuju-Sulbar, HP. 081 210 174 222

SERBANEKA

CHECK UP PANGGIL. Gula Darah15 RB, Asam Urat 20 RB, Koles-terol 30 RB Triglycerd 30 RB.Hub:085242396953/081245672169

KLINIK KOMPUTERService, Hardware & MeintenanceHp : 081 341 664 727 / 082 189155 444/ 085 255 554 409Alamat : Pasar Baru, Mamuju

Bengkel Las Masagena SteelMengerjakan Steel Construc-tion, Pagar Tempa, ralis, Stainless,Canopy, Aluminum Dll Hub : Mu-hammad Bahri, 085 299 299 559Alamat : Jl. PababariNo. 77 Mamuju-Sulbar

DIBUTUHKAN : Sekretaris Admin-istrasi, Driver Lamaran diantarLangsung ke UKM CENTREJl. Teuku Umar No1 Mamuju

KLINIK KOMPUTER

CHEK UP PANGGIL

BENGKEL LAS

LOWONGAN

DIJUAL Tanah Perumahan ukuran10 x 15 m2 dekat Villa GubernurSul-Bar di Jalan Tueke Rangas.Harga Rp 13 Juta tanpa perantaraHub : 085255506373 -081241200073

DIJUAL TANAH

DIJUAL TANAH DENGAN UKURAN17x35 DI JALAN POROS TAMPAPADANG (400 M DARI BANDARA)HUB : 081 343 900 351

DIJUAL TANAH

ALAT PERAGA DAK SD & SMPready stok (100%) sesuai juknis2010, rekanan yg menang ten-der / uji petik 085214141201 /081519464055 - kdn.co.id

MAU berbisnis loket pembaya-ran PLN, TELKOM, dll? softwaregratis (promo)tel/SMS :083876444333PT.ABHIMATA

MAU BISNIS

SERBANEKA

BURSA OTOMOTIF

JUAL Motor Honda Revowarna kuning th 2008 Plat DCSurat-Surat Lengkap danKondisi Oke Bisa Nego. Hubungi:085242550013-085395750002

LOWONGANPERUSAHAAN EROPA mencaritenaga kerja, Untuk PelatihanManagement Selama Pelatihandibayar Rp. 500rb - Rp. 1 JtPersyaratan :

- Pria/Wanita maks. 28 tahun (masih single )

- Pendidikan minimal SMU/SMKSederajat, Diploma, danSarjana

- Suka bekerja keras, sertabisa bekerja sama dalam satutim.

PENGALAMAN TIDAKDIUTAMAKAN. (LPM - Jl. BudiUtomo PEKKABATA POLMAN )Info Lebih Lanjuthubungi CP : 085 255 031 187- 081 998 622 951

SERBA ANEKATELAH HADIR di Kota MamujuTOKO ABADI JAYA Grosir Sepatu/Sandal Menjual berbagai macamjenis Merk Sandal, Sepatu, APBots DLL Alamat Jl. H. Abd. Syakur(depan pasar baru)HP : 081 241 684 957

DIJUAL MOTOR HONDA CS1MERAH Tahun 2010, MulusJarang Pakai 14 Juta Nego(KM Baru 3000)Hub : 0811425294

BURSA OTOMOTIF

SERBANEKAKREDIT untuk usaha (Proyek,SPBU- Developer, Konstruksi)Jaminan SertifikatHub : 0367-3692481/0812 9879 7104

Polewali, 1 Februari 2012Kepala Kejaksaan Negeri Polewali

SARING, SHJAKSA MADYA NIP 19650510 198703 1003

KEJAKSAAN NEGERI POLEWALIPENGUMUMAN LELANG EKSEKUSI BARANG RAMPASAN

Nomor : B 01/ R.4.29/Cs.1/01/2012Kejaksaan Negeri Polewali dengan perantaraan kantor pelayanan kekayaan Negara den leleng Parepare, akan melakukan penjualandimuka umum (lelang ) eksekusi terhadap barang rampasan negara. sebagai berikut:

1. Dalam Perkara Register Nomor : 154/Pid/B/2011/PN.Pol, berupa :20 jergen isi 35 Liter BBM Jenis Minyak Tanah, dengan harga limit Rp. 3.650.- dan uang jaminan sebesar Rp. 511.000.-

2. Dalam Perkara Register Nomor : 133/Pid.B/2011/PN.Pol, berupa :9 Drum BBM Jenis Minyak Tanah, dengan harga limit Rp. 3.650.- dan uang jaminan sebesar Rp. 1.314.000.-

3. Dalam Perkara Rigister Nomor : 131/Pid.B/20011/PN.Pol, berupa :9 Drum BBM Jenis Minyak Tanah, dengan harga limit Rp. 3.650.- dan uang jaminan sebesar Rp.1.314.000.-

4. Dalam Perkara Register Nomor : 132/Pid.B/2011/PN.Pol, berupa :2 Drum, 26 Jergen isi 30 Liter BBM Jenis Minyak Tanah, dengan harga harga lilit Rp. 3.650,- dan uang Jaminan sebesarRp. 863.000.-

5. Dalam Perkara Register Nomor : 134/Pid.B/2011/PN.Pol, berupa :24 Jergen isi 30 Liter BBM Jenis Minyak Tanah, dengan harga limit Rp. 3.650.-,- dan uang jaminan sebesar Rp. 598.000.-

6. Dalam Perkara Register Nomor : 90/Pid.B/2011/PN.Pol, berupa :24 Jergen isi 35 Liter BBM Jenis Minyak Tanah, dengan harga limit Rp.3.650,- dan uang jaminan sebesar Rp. 614.000

7. Dalam Perkara Register Nomor : 119/Pid.B/2011/PN.Pol, berupa :1 Unit Kapal Motor (Jolloro), dengan harga limit Rp. 2.000.000,- dan uang jaminan sebesar Rp.500.000.-

8. Dalam Perkara Register Nomor : 120/Pid.B/2011/PN.Pol, berupa :1 Unit Kapal Motor (Jolloro), dengan harga limit Rp.2.000.000,- dan uang jaminan sebesar Rp. 500.000,-

Syarat-syarat Lelang :1. Peserta lelang wajib memiliki KTP yang masih berlaku.2. Penawaran lelang dilakukan langsung secara lisan naik-naik.3. Peserta lelang diwajibkan menyetor uang jaminan lelang ke rekening penampungan lelang KPKNL Parepare Nomor : 0064-01-

000441-30-3 pada PT.BRI (Persero) Cabang Parepare yang sudah harus efektif selambat-lambatnya 1(satu) hari kerja sebelumtanggal pelaksanaan lelang, atau kecuali jika besaran uang jaminan lelang yang sampai dengan Rp.20.000.000,- dapat disetortunai kapada Pejabat lelang sebelum pelaksanaan lelang dimulai.

4. Peserta lelang yang ditunjuk sebagai pemenang lelang, wajib melakukan pelunasan pembayaran lelang paling lambat 3(tiga) harikerja setelah pelaksanaan lelang.

5. Pemenang lelang yang tidak melunasi kewajibanya, dinyatakan wanprestasi dan uang jaminan disetorkan seluruhnya ke KasNegara serta dimasukan dalam Daftar Hitam Lelang.

6. Peminat Lelang dapat melihat barang yang dimaksud di alamat tersebut diatas.7. Peserta lelang dianggap telah mengetahui keberadaan dan konsidi objek lelang.8. Objek yang akan dilelang sewaktu-waktu dapat ditunda/dibatalkan sebelum pelaksanaan lelang berdasarkan ketentuan yang

berlaku, dan calon pembeli tidak diperkenankan mengajukan tuntutan apapun.9. Keterangan lebih lanjut dapat diperolah di Kejaksaan Negeri Polewali, jalan Jenderal Ahmad Yani Polewali Kab. Polman atau KPKNL

Parepare, jalan Ahmad Yani Km.3 Lapadde, Telepon 0421-26678.

Ruhut Minta AnasMundur

JAKARTA--Ketua DepartemenKomunikasi dan Informasi PartaiDemokrat, Ruhut Sitompul, memin-ta Ketua Umum Demokrat, AnasUrbaningrum, secara legowo me-ngundurkan diri demi kepentinganpartai yang lebih besar.

"Jika ia bertahan maka PD akansemakin hancur," kata Ruhut, di Ja-karta, hari ini.

Sebaliknya, kata Ruhut, kalaumundur Anas akan dikenang sebagaitokoh PD yang ksatria karena maumengorbankan jabatan demi partai.

sem*ntara itu, kader PD lainnya,Pieter C Zulkifli Simabuea, memintapimpinan PD segera mengambilsikap yang tegas atas kondisi saat ini.

Ketegasan perlu agar berbagaimasalah yang terjadi sekarang bisa

segera teratasi.Di sisi lain, Pieter yang juga

anggota Komisi III DPR ini memintaKPK untuk bekerja profesional dancepat dalam menyelesaikan kasusyang menyandera PD.

"KPK jangan mau didikte danditekan oleh pihak-pihak tertentuyang sengaja menyandera PD," kataPieter. (net)

JAKARTA--Tes ketergantu-ngan obat bukan untuk mencaricelah agar bebas pelaku bebasnamun untuk melengkapi berkasdan penyidikan.

Tersangka tabrakan mautApriyani Susanti (29) menjalanites ketergantungan obat dankejiwaan untuk melengkapi ber-kas perkaranya. Rekonstruksidijalankan setelah hasil dari keduates ini keluar.

"Hari ini rencanannya, Apri-yani menjalani pemeriksaanapakah ia ketergantungan obatatau tidak di RSKO (Rumah SakitKetergantungan Obat). Selain itu,ia juga akan diperiksa kejiwaan

oleh tim psikiater. Tujuanpemeriksaan ini untuk melengkapiberkas perkaranya," ujar KepalaBidang hubungan MasyarakatPolda Metro Jaya, Komisaris Besar,Rikwanto, di Mapolda Metro Jayahari ini.

Menjawab pertanyaan warta-wan, apakah dengan menjalani teskejiwaan ada celah kasus kecelakaanmaut bakal berakhir denganbebasnya Apriyani, karena dinya-takan tidak waras oleh psikiater?Dengan tegas Rikwanto menga-takan tidak.

"Tujuan dari pemeriksaan bukanmencari celah, namun semua tesuntuk melengkapi berkas dan

penyidikan. Kasus ini, perlu dikajidari segala sisi agar prosespenyidikan berjalan dengan baikdan mendapat hasil yang mak-simal," tegasnya.

Dikatakan Rikwanto, pihaknyasangat berharap pemeriksaan iniberjalan dengan baik dan cepat,agar tahapan penyidikan selanjut-nya dapat dilakukan. sem*ntararekonstruksi akan dijalankan usaihasil dari kedua pemeriksaan inikeluar.

"Rekonstruksi kami jadwalkanminggu ini. Namun, kami harusmenunggu dulu hasil dari keduates ini. Semoga hasilnya cepat ke-luar," tandasnya. (net)

Minggu ini Rekonstruksi Apriyani

Perombakan Banggar Jangan HentikanProses Hukum

JAKARTA--Langkah pem-bongkaran Ruang Rapat BadanAnggaran (Banggar) yang baruyang dilakukan hari ini jangansampai menghentikan proseshukum terhadap dugaan terja-dinya penyelewengan dalam pe-ngadaan ruang rapat senilaisekitar Rp20 miliar tersebut.

“Tidak bisa menghentikanproses, pemrosesan hukumnyaharus tetap jalan apalagi KetuaDPR juga sudah lapor ke KPK.Saya pikir KPK wajib memprosesapa yang dilaporkan itu. Pengem-balian itu tidak menghapus apayang melanggar itu, proses hukumtetap harus dilanjutkan," kata

Yahdil Abdi Harahap, anggotaKomisi III DPR, di sela- sela diskusi"Proyeksi Awal Tahun; Harapandan tan-tangtan Komisi YudisialTahun 2012" di Gedung KY, hatiini.

Menurut Yahdil, penghentianproses hukum terhadap terjadinyadugaan pelanggaran dalam prosespembahasan, pengalokasian ang-garan dan pelaksanaan proyek Ru-ang Rapat Badan Anggaran terse-but dikhawatirkan justru akanmembuat proyek serupa akanterulang kembali.

"Makanya agar proses lain tidakterulang di kemudian hari sehinggatransparansi pembahasan proyek

di kesekjenan dan proyek laintidak terulang lagi, proses hukumharus tetap dilanjutkan," tuturpolitikus dari Fraksi PAN itu.

Hari ini, DPR membongkarbeberapa perlengkapan imporyang melengkapi Ruang RapatBanggar yang baru saja selesaidibangun beberapa bulan lalu.

Ketua Badan Kehormatan (BK)DPR M Prakosa mengatakan,barang impor tersebut akandiganti dengan perabot lokal.Penggantian sejumlah perabotdan fasilitas, kata Prakosa, men-jadi salah satu cara menghematanggaran renovasi yang nilainyalebih dari Rp20 miliar itu. (net)

NET

Radar Sulbar - [PDF Document] (14)

14 RADAR SULBARRadar Pasangkayu Rabu 1 Februari 2012

LEGISLATIF MATRA Rubrik Khusus DPRDKabupaten Mamuju Utara

RADAR/ANDI SAFRIN

POTRET PASANGKAYU Rubrik Khusus HumasPemkab Mamuju Utara

RADAR/ANDI SAFRIN

WAKIL Bupati Matra HM. Saal didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Matra Abd. Wahid Mansyursaat melayat di Desa Karyabersama.

WAKIL Ketua DPRD Matra Uksin djamaluddin saat melayat di Desa Karya bersama.

EDITOR: MUHAMMAD ILHAM

Matra Sasaran Empuk Peredaran NarkobaKomisi IV Minta Polda Turun Tangan

MAMUJU — Kondisi KabupatenMamuju Utara (Matra) yang sedangmemacu pembangunan dan letaknyayang berbatasan lanhgsung dengan Su-lawesi Tengah (Sulteng), membuatdarah ini menjadisi sasaran empukperedaran narkotika.

Anggota Komisi IV DPRD Sulbar,Rayu, mengungkapkan, situasi tersebutbukan berdasarkan dugaan-dugaan se-mata. Realitas menunjukkan bahwaMatra memang tengah dilanda masalahserius. Dari sekian banyak kasus narko-ba yang terjadi di Sulbar, rata-rata ka-sus itu terjadi Matra.

Menurutnya, leluasanya peredarannarkoba di Matra disebabkan tidak se-bandingnya luasan wilayah yang harusdiawasi dengan jumlah personil polisidi daerah tersebut.

Kemudian, peran personil pemerin-tah daerah, khususnya Dinas Pendidi-kan, Dinas Kesehatan, dan BadanNarkotika Kabupaten, harus lebih mak-simal dalam menumbuhkan karakterdan mengubah pola pergaulan para pel-ajar dan pemuda di daerah itu.

“Sebab masalah narkoba ini harusditangani secara berjamaah. Ini tang-gungjawab multisektoral. Semua pihakharus turun tangan, terutama penga-wasan orang tua terhadap anaknya,”papar Rayu, Senin 30 Januari.

Kemudian, di Matra, tingginyatingkat pendapatan masyarakat danrendahnya pengetahuan tentang ba-haya narkoba membuat masalah ini

makin akut. Sebab beberapa tempatyang menjadi sumber mauknya narko-ba ke Matra adalah di daerah tanamoniDesa Sempo Kecamatan Sarudu. Sebabdi daerah ini dilakukan bongkar buatbarang dari Kalimantan.

Daerah masuk lainnya adalah mela-lui jalur Pantoloan, Sulteng. Jarak tem-puh dari Pantoloang ke Matra hanyasatu setengah jam. Sehingga sangat ce-

pat peredarannya.Makanya, kata Rayu, ia meminta Polda

Sulselbar dapat meningkatkan pengawasandi Matra. Operasi harus sering dilakukanagar pola peredaran narkoba bisa tertutup.“Saya harap hal itu bisa menjadi perhatian.Karena sangat disayangkan jika Matra yangbaru berkembang, harus keropos generasimudanya karena narkoba,” ujar LegislatorSulbar asal Matra ini. (*)

Rayu Anggota Komisi IV DPRD Sulbar

JAKARTA--Kebijakan penurunan suku bungaFasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan(FLPP) menjadi enam persen diyakini akan men-dongkrak daya beli masyarakat.

Peningkatan daya beli diperkirakan cukup sig-nifikan, yakni sekitar 10 persen. Demikian dika-takan Menteri Perumahan Rakyat (Menpera)Djan Faridz dalam rapat kerja dengan Komisi VDPR RI di Senayan, Selasa 31 Januari.

"Kalau suku bunga FLPP bisa turun menjadienam sampai tujuh persen, daya beli masyarakatterhadap perumahan akan naik. Kami berharappelaksanaan penandatangan Perjanjian Kerjasama Operasional (PKO) dengan perbankan da-pat segera dilaksanakan pekan depan," ujarnya.

Kebijakan penurunan porsi dana FLPP, lan-jutnya, juga akan memperbanyak jumlahmasyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yangmendapat fasilitas KPR FLPP sebesar 23 persen,yaitu dari 177.800 unit menjadi 219.000 unit.

Derdasarkan perhitungan suku bunga KPRFLPP tahun 2010 - 2011 porsi dana pemerintahsebesar 61,70 persen. Sedangkan sisanya 38,30persen dari dana bank. Dari penggabungan por-si dana bank dan pemerintah serta perhitungansuku bunga seperti biaya dana, giro wajib mini-mum, biaya overhead, biaya risiko, profit dan sukubunga dasar, diperoleh suku bunga gabungansebesar 8,15 persen.

Suku bunga SBI tahun 2008 hingga 2012 ter-us mengalami penurunan dari 10,33 persenmanjadi 5 persen. Tentunya jika suku bunga SBIturun perlu diikuti penurunan suku bunga FLPPturun. (jpnn)

Suku BungaFLPP Turun

RADAR SULBARPertama & Terbesar di Sulawesi BaratPertama & Terbesar di Sulawesi BaratPertama & Terbesar di Sulawesi BaratPertama & Terbesar di Sulawesi BaratPertama & Terbesar di Sulawesi Barat

Menyampaikan Rasa Belasungkawa yang MendalamMenyampaikan Rasa Belasungkawa yang MendalamMenyampaikan Rasa Belasungkawa yang MendalamMenyampaikan Rasa Belasungkawa yang MendalamMenyampaikan Rasa Belasungkawa yang Mendalamatas Wafatnyaatas Wafatnyaatas Wafatnyaatas Wafatnyaatas Wafatnya

Hj Darmawati(Ibunda Firdaus Faturusi/Koordinator Sirkulasi Radar Sulbar)

Wafat, Selasa 31 Januari 2012, di Desa Buku Kecamatan Campalagian, Polewali Mandar

Semoga Amal Ibadah Almarhumah Diterima dan MendapatKemuliaan di Sisi Allah SWT. Dan Kepada Keluarga yang Ditinggalkan

Semoga Diberi Kesabaran dan Ketabahan. Amin.

Naskah M. NabhanDirektur

Radar Sulbar - [PDF Document] (15)

Infotainment 15RADAR SULBARRabu, 1 Februari 2012

Sinopsis

Profil

John Kruger adalah seorang marshall ASyang ditugaskan untuk melindungi Lee Cullen,yang bekerja untuk perusahaan Cyrez, sebuahperusahaan yang memproduksi senjata raha-sia untuk militer. Lee tahu tentang penipuanterjadi di dalam Cyrez Corporation, dan or-ang di belakang itu bertekad untuk mem-bungkam Lee, karena tanpa Lee, FBI tidakmemiliki kasus terhadap Corporation Cyrez.Setelah mengambil Lee ke New York City un-tuk menyembunyikan, John menemukanbahwa temannya, US Marsekal Robert De-guerin, adalah dalang penipuan!

ERASER

Rabu 1 Februari 2012Pukul 24.00 WITA

Tiket Konser A Skylite Drive di Jakarta Masih DiburuJAKARTA - Daftar panjang band

mancanegara yang akan konser diTanah Air terus bertambah. Salah satu-nya band asal Amerika A Skylite Driveyang menggelar konsernya pada 25 Feb-ruari mendatang.

Konser band American Post-Hard-core tersebut akan mengambil tempatdi Bulungan Outdoor, Blok M, JakartaSelatan. Tiket konser pun sudah mulaidijual sejak beberapa waktu lalu.

HYS Denim yang mendatangkanmereka ke Tanah Air membuka tiketpresale dengan harga Rp 100 ribu padaNovember 2011. Mereka kemudianmenjualnya dengan presale kedua se-harga Rp 150 ribu.

Antusias penonton terhadap bandyang berpersonel enam orang itu cuk-up tinggi. Rencananya jika tiket masihtersedia, HYS Denim akan menjualnyaon the spot seharga Rp 200 ribu.

Peminat A Skylite Drive memangkebanyakan dari kalangan remaja SMUdan mahasiswa. Sepanjang perjalanan

kariernya, A Skylite Drive telah merilissebuah DVD, satu mini album dan tigaalbum studio. Yang teranyar yaitu al-

bum 'Identity on Fire' yang dirilis pada15 Februari 2011.

(net)

A Skylite Drive

PULUHAN Fans dari Taecyeon tiba-tiba men-jerit histeris, ketika salah satu personel 2PM itumasuk ke dalam lobby terminal 2 Gate E3 ban-dara Soekarno Hatta, Selasa 31 Januari dengansetelan jas hitam dan kemeja putih.

"Kita senang aja soalnya Taecyeon itu gan-teng, badannya bagus, lagunya juga bagus," ujarIcha salah satu fans dari Taecyeon.

Bukan hanya di bandara saja, Kecintaan fansTaecyeon itu dibuktikan sejak semalam dan tadipagi yang menyempatkan untuk menyambangihotel dimana Taecyeon menginap.

"Tadi pagi Aku dari hotel tempatnya Taecyeonmenginap di Sheraton, cuma satpamnya bilanggak ada siapa-siapa," ujar Diah sambil menetes-kan air mata setelah puas bertemu sang idola.

Saking tidak mau ketinggalan berita seputarTaecyeon, Dewi yang juga admin dari Fansbase2PM pun mengikuti kemana Taecyeon pergi saatdi Indonesia.

"Saya disuruh ikutin perkembangan beritan-ya mas. Kalau fanssitenya ituTAECYEON_FANID kalau Oktizen itu panggi-lan untuk fansnya. Tadi si Taecyeon hanyatersenyum saat kita sapa mas," paparnya. (net)

Taecyeon

Buat Fans IndonesiaHisteris

KehilanganSosok RamahAde Namnung

JAKARTA - Kebaikan orang memangtak pernah bisa dilupakan meski orangtersebut telah tiada. Seperti hal keluar-ga yang selalu mengenang sosok ramahAde Namnung.

Kini keluarga, saudara, sahabat punkehilangan sosok ramah yang dimilikipresenter kocak itu.

Hanya kenangan indah yang tert-inggal bagi mereka.

"Keluarga besar, teman, saudara ke-hilangan orang yang ramah," tutur adikkandung Ade, Rizal Prasetyo sambilmenitikkan air matanya saat ditemuidi rumah duka di Jalan H Ahmad No.1RT 006 RW 01, Pondok Bambu, Jakar-

ta Timur, Selasa 31 Januari 2012.Rizal juga menjelaskan, selama sang

kakak sakit tak pernah ada keluhan yangdilontarkan. Ia seperti menyimpan sak-it yang dideritanya sendirian.

"Dia itu nggak pernah ngeluh. San-gat humble sekali deh," paparnya.

(net)

SETELAH sukses melakukan pementasansaat peluncuran album solonya, kini albumAnji akan bertransformasi dalam sebuah film.Album yang setiap judul lagunya berkorelasidengan judul satunya dan dengan tema yangsama membuat sutradara BUKAN CINTA BI-ASA ini terpikat untuk mewujudkan menjadisebuah film.

"Iya. Sebenarnya bukan gue yang bikin.Ini based on album. Ini materi film, ceritan-ya berangkai. Itu nanti yang nulis mas BenniSetiawan yang bikin BUKAN CINTA BIASA.Sekarang masih proses menggodok," paparn-ya saat dijumpai di RCTI, Kebon Jeruk, Jakar-ta Barat, Senin 30 Januari.

Di album yang bertajuk LUAR BIASA inibercerita tentang kehidupan jalinan cintaAnji, namun di film nanti dibuat beda. Difilm ini Benni mengambil per judul yang ke-mudian dikembangkan menjadi sub cerita.

"Based on track aja. Itu judul-judulnyadipecah pecah. Itu personal gue banget tapisekarang dibuat film itu beda, dan yang me-merankan bukan gue. Pokoknya dari juduln-ya Luar Biasa itu bisa dikembangkan banyakhal, jadi gak penggambaran yang gue alami.Yang meranin itu umurnya 20-an tahun,"ujarnya.

Ketika disinggung kenapa dirinya yangtidak memerankan film ini, Anji dengantersenyum menjawab jika dia merasa kurangganteng untuk peran film ini. Dia menam-bahkan bahwa film bukanlah keahliannyameski dirinya pernah menjadi figuran dalamsebuah film.

"Memang bukan keahlian gue kalau mainfilm. Pernah beberapa kali jadi cameo (figu-ran). Mau sih sebenernya main film, tapinanti-nanti dulu lah. Karena album guemasih belum dikenal banget jadi konsentra-si di musik dulu," tukasnya. (net)

Album SoloAnji Jadi Film

BAGI Anda pecinta lagu-lagu ro-mantis pasti sudah tak asing lagi den-gan pelantun 'If You Were My Baby',Rick Price. Penyanyi dan penulis laguasal Australia ini akan kembali menya-pa penggemarnya di Indonesia dalamkonser bertajuk 'Indonesia Tour 2012:Rick Price and Kahitna Live in Con-cert'.

Sesuai judulnya, dalam konser kaliini, Rick Price akan berkolaborasi den-gan band Tanah Air, Kahitna. "Kamimenjawab keinginan penggemar RickPrice dan para Soulmate (penggemarKahitna) di lima kota yang sudah lamamenantikan terwujudnya konserkolaborasi dua pelantun tembang cin-ta," ujar Chief Executive Officer (CEO)Rajawali Indonesia, Anas Syahrul Ali-mi, saat jumpa pers di FX Mall, Senay-an, Jakarta, Kamis, 26 Januari 2012.

Konser kolaborasi antara Rick Pricedan Kahitna akan digelar di lima kotabesar di Indonesia, yaitu Yogyakarta (9Maret), Medan (11 Maret), Makassar(13 Maret), Bandung (16 Maret), danSurabaya (18 Maret). Sebagai promo-tor, Rajawali Indonesia yang menggan-deng Telkom memiliki alasan khususmengapa konser ini tak diselenggara-

Rick Price & Kahitna Tur Bersama 5 Kota

JAKARTA - Ade Namnung sebelummenghembuskan nafas terakhir, sem-pat mengalami sesak nafas karena hip-ertensi meningkat, hinga akhirnyamenyebabkan gagal jantung. Inilah kro-nologisnya.

Dokter Heni SpS, ahli saraf yangmenangani almarhum Ade Namnungsejak pertama dirawat di rumah sakitMitra Keluarga Cibubur, Jakarta Timur,mengatakan hal tersebut.

"Penyakit awal stroke, hingga almar-hum mengidap hipertensi hingga be-rakibat gagal jantung," ujarnya kepada

“Sebagai pemain profesional saya akanselalu berusaha bermain di liga yangresmi, dalam hal ini di bawah PSSI dandiakui oleh FIFA”.

Bambang Pamungkas

Inilah Kronologis Meninggalnya Ade Namnungmedia, Selasa 31 Januari.

Henny menambahkan dengan men-gatakan, sejak mengalami sesak nafas,dirinya langsung berdiskusi berusahamaksimal untuk menyembuhkan AdeNamnung.

"Sesak nafas pukul 09.30 WIB, cuk-up berdiskusi dengan Dokter lain kamiakhirnya sepakat untuk membawa AdeNamnung ke ruang ICU. Kami jugasudah memberikan pertolongan sela-ma satu jam lebih. Dan kami juga sudahmemberikan obat yang maksimal.Cuma almarhum tak dapat tertolong,"

ungkapnya.Sebelumnya, Ade Namnung telah

dinyatakan membaik dan berencanapulang ke ruma padah Selasa 31 Janu-ari siang ini. Namun, Tuhan berke-hendak lain.

"Ada rencana keinginan untuk pu-lang hari ini. Memang dalam perjala-nannya pasien sudah mengalami per-baikan. Sakit jantung akut hingga men-imbulkan sesak nafas tiba-tiba, dan di-lakukan pertolongan oleh tim dokterselama 1 jam. Namun pasien tidak dap-at tertolong," paparnya. (net)

kan di Jakarta."Pertama karena Jakarta lagi hujan

event internasional. Pas survei, limakota inilah yang menginginkan RickPrice dan Kahitna," kata ExecutiveGeneral Manager Multimedia TelkomIndonesia, Joddy Hernady.

Kahitna pun merasa bangga dapatberada satu panggung dengan pelan-tun hits 'Heaven Knows' itu. Merekaakan melakukan persiapan khusus agartampil maksimal di atas panggung.

"Tanggal 7 Maret, Rick sudah diIndonesia.Tanggal 8 Maret nanti akan

ada latihan bareng Kahitna. Sebenarn-ya kolaborasi dua negara ini sangat posi-tif. Ini kesempatan yang sangat berha-ga. Kami dari Kahitna sangat bangga,"ucap personel Kahitna, Mario.

Tiket presale konser Rick Price danKahitna mulai dijual pada 28 Januari2012. Khusus presale, harga tiket kelasPlatinum dibanderol dengan hargaRp1.350.000. sem*ntara itu, untuk har-ga reguler tiket dibagi menjadi empatkelas, yakni Bronze Rp150 ribu, SilverRp325 ribu, Gold Rp750 ribu, dan Plat-inum Rp1,5 juta. (net)

JAKARTA - Setelah tampil di Jakarta pada9 Maret 2012 mendatang, grup metalcoreFlorida, AS, A Day to Remember, kini telahdipastikan bakal tampil pula di Makassar, Su-lawesi Selatan.

Konser yang dapat digelar berkat promo-tor Chambers Entertainment ini akan diada-kan pada 10 Maret 2012, atau satu hari sete-lah penampilan A Day to Remember di Jakar-ta, dan mengambil tempat di Lapangan Bas-ket Karebosi, Makassar.

Melalui rilis pers yang diterima RollingStone, pihak Chambers Entertainment men-yatakan: “Kedatangan A Day to Remembersangat ditunggu di Indonesia. Dan Makassarberuntung kedatangan band sepotensial dansebesar ini, apalagi A Day to Remember ter-catat sebagai salah satu headliner festivalmusik tahunan Australia, Soundwave.”

Konser A Day to Remember di Makassarini nantinya akan dibuka dengan dua banddalam negeri, yaitu Endank Soekamti dariYogyakarta dan Freeday dari Makassar.

Tiket presale sudah dijual di ChambersShop dan Radio Madama dengan kisaranharga Rp 85 ribu hingga Rp 100 ribu.

A Day to Remember telah didirikan sejak2003 dan sudah merilis empat album studio,yaitu And Their Name Was Treason pada2005, For Those Who Have Heart pada 2007,Homesick pada 2009, dan What SeparatesMe from You pada 2010.

Chambers Entertainment sendiri bukan-lah nama yang main-main di dunia perkon-seran Indonesia. Nama itulah yang menye-lamatkan Indonesia Timur dari paceklik ac-ara musik berkualitas, sebut saja Rock inCelebes yang sukses diadakan selama duatahun, masing-masing pada 2010 dan 2011.Bahkan, pada gelaran Rock in Celebes yangpertama, Chambers Entertainment berhasilmemboyong satu band impor untuk tampil,yaitu unit black metal asal Swedia, Marduk.

Berkat Chambers Entertainment jugalahkelompok deathgrind asal Maryland, AS,Misery Index, dan grup emo dari Missouri,AS, Story of the Year, dapat tampil di Makas-sar masing-masing pada Maret dan Oktober2011 silam. (net)

A Day to RememberSiap ke Makassar

Radar Sulbar - [PDF Document] (16)

Rabu, 1 Februari 201216 RADAR SULBARXPR SIePOST COMMENT

Berkorbandemi Novel

REPORTER: REPORTER: REPORTER: REPORTER: REPORTER: M SOLIHIN M SOLIHIN M SOLIHIN M SOLIHIN M SOLIHINEDITOR: MUHAMMAD ILHAM

Dalfita Sari

Biasanya saya tidak lupamembawa novel saat ada

kegiatan maupun melakukanperjalanan jauh. Sehingga

pada saat waktu istirahat sayalangsung membacanya".

Naim Dwianansyah

Setiap kali saya ke Makassartidak lupa membeli novel,saat ini koleksi novel sayasudah banyak. Sehinggadalam waktu luang novelmenjadi teman bagi saya".

Mawaddah

Jumlah toko yang menjualnovel di Mamuju masih

sangat terbatas. Sehinggasaya terkadang membeli

novel ke Makassar maupunkota lain".

Zulfahmi

Waktu yang paling enak mem-baca novel adalah saat menje-lang tidur. Hanya saja koleksi

novel saya masih terbatas,sehingga terkadang saya harusmeminjam novel milik teman".

kan pembaca. Bahkan sejum-lah pelajar mengaku lebihmemilih novel sebagai temanpengisi waktu kosong.

Salah satunya adalah se-orang siswi SMAN 2 (Smada)Mamuju, Dalfita Sari. Cewekyang banyak aktif di organisa-si pramuka ini mengaku men-jadikan novel sebagai saranapengisi waktu luang.

"Biasanya saya tidak lupamembawa novel saat ada keg-iatan maupun melakukanperjalanan jauh. Sehinggapada saat waktu istirahat sayalangsung membacanya," un-gkap cewek yang memilikihobi berpetualangan.

Selain untuk mengisi wak-tu kosong, novel juga peng-hilang rasa jenuh. Ia mengakurela menabung demi membelisebuah novel baru.

Hal serupa diungkapkanNaim Dwianansyah, cowokdengan gaya humoris inimengaku sangat terkesandengan gaya cerita yang dis-ajikan dalam novel. Bahkansaking besar rasa ketertarikantersebut Ia mengaku memili-ki banyak koleksi novel. "Set-iap kali saya ke Makassar tidak

novel tersebut.Ungkapan yang sama da-

tang dari Mawaddah. Siswikelas tiga Smada ini mengakuhobi membaca novel sejakmasih duduk di bangku kelastiga SMP. Mawaddah sangatkagum terhadap novel Ayat-Ayat Cinta. Hanya saja ia san-gat menyayangkan terbatasn-ya jumlah novel di Mamuju.

"Jumlah toko yang menjualnovel di Mamuju masih san-gat terbatas. Sehingga sayaterkadang membeli novel keMakassar maupun kota lain,"ungkap Mawaddah.

Menutup komentar daritiga siswa di atas, Zulfahmiyang juga merupakan siswaSmada Mamuju mengungkap-kan hal yang tidak jauh ber-beda dari rekan-rekannya. Iamengaku terpaksa harusmeminjam beberapa noveldari temannya. "Waktu yangpaling enak membaca noveladalah saat menjelang tidur.Hanya saja koleksi novel sayamasih terbatas, sehingga terk-adang saya harus meminjamnovel milik teman," ungkapcowok yang memiliki hobibermain bola. (**)

NOVEL adalah karya sas-tra yang disajikan dalam ben-tuk cerita kehidupan. Dalamsebuah novel pengarangberusaha mengarahkan pem-baca kepada gambaran reali-ta hidup.

Penyajian cerita novelyang banyak memuat tentangrealita kehidupan, ternyatamampu menyedot ketertari-

lupa membeli novel, saat inikoleksi novel saya sudah ban-yak. Sehingga dalam waktu lu-ang novel menjadi temanbagi saya," ungkap Naim.

Naim menambahkan di-antara koleksi novel yang iamiliki adalah Tetralogi LaskarPelangi. Ia sangat kagum den-gan gaya bahasa yang di-gunakan Andrea Hirata dalam

Intro: C F Dm F

C G Dm FAku terus berjalan melintasi kesunyianC G Dm Em F GAku terus berpacu melawan waktu diam membisu

F Am DmAku tak peduliF Am Dm GKu takkan berhenti dan mencari

[chorus]CSatu cinta yang ku percayaFSatu cinta untuk semuaDm Em FSatu cinta yang bersinar menerangi dunia

Ari Lasso – Satu Cinta(ft Sandy Canester)

CApalagi yang kau takutkanFHadapi semua kenyataanDm EmDalam cinta ada jalanF CKarena cintalah jawaban

C G Dm FApa jadinya kita bila cinta tak lagi adaC GAku aku yang hampaDm Em F GLantunkan doa, hambarkan luka

F Am DmAku tak peduliF Am Dm G

Ku takkan berhenti dan mencari

Chorus:CSatu cinta yang ku percayaFSatu cinta untuk semuaDm Em FSatu cinta yang bersinar meneran-gi duniaCApalagi yang kau takutkanFHadapi semua kenyataanDm EmDalam cinta ada jalanFKarena cintalah jawaban

Am G F Em Dm Em FAm G F Em Dm Em F

CSatu cinta yang ku percayaFSatu cinta untuk semuaDm Em FSatu cinta yang bersinar men-erangi menyinariDm EmDalam cinta ada jalanF Dm FKarena cintalah jawaban

CSatu cinta yang ku percayaDm Em FMenyinari menerangi dunia

Radar Sulbar - [PDF Document] (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Kareem Mueller DO

Last Updated:

Views: 6059

Rating: 4.6 / 5 (46 voted)

Reviews: 93% of readers found this page helpful

Author information

Name: Kareem Mueller DO

Birthday: 1997-01-04

Address: Apt. 156 12935 Runolfsdottir Mission, Greenfort, MN 74384-6749

Phone: +16704982844747

Job: Corporate Administration Planner

Hobby: Mountain biking, Jewelry making, Stone skipping, Lacemaking, Knife making, Scrapbooking, Letterboxing

Introduction: My name is Kareem Mueller DO, I am a vivacious, super, thoughtful, excited, handsome, beautiful, combative person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.